Doa dan Belasungkawa Mengalir untuk Korban Ledakan di Beirut Lebanon

Hantoro, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 614 2257130 doa-dan-belasungkawa-mengalir-untuk-korban-ledakan-di-beirut-lebanon-l5PijT4qtk.jpg Ilustrasi doa untuk korban ledakan di Beirut, Lebanon. (Foto: Shutterstock)

ARAB Saudi menyatakan sangat prihatin terjadinya ledakan dahsyat di Kota Beirut, Lebanon, pada hari Selasa kemarin. Dukungan penuh untuk kesembuhan ratusan orang korban luka-luka pun disampaikan. Demikian juga untuk puluhan korban meninggal dunia.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyatakan Kerajaan sangat prihatin adanya ledakan yang terjadi di Pelabuhan Beirut tersebut hingga mengakibatkan kematian dan cedera.

Baca juga: Ledakan di Beirut Lebanon, Menkes Lebanon Catat 70 Tewas dan 2.700 Terluka 

"Kami menyatakan belasungkawa dan simpati kami yang tulus kepada keluarga para korban dan yang terluka. Kami meminta Tuhan untuk mengampuni mereka yang meninggal dalam peristiwa tragis ini, lalu memberikan pemulihan cepat kepada mereka yang terluka, dan melindungi Lebanon dari semua bahaya," jelas pernyataan resmi tersebut, dikutip dari Saudigazette, Rabu (5/8/2020).

"Kami menegaskan dukungan penuh dan solidaritas Kerajaan dengan saudara-saudara di Lebanon," tambah pernyataan itu.

Para pemimpin di Timur Tengah dan dunia juga bersatu membantu Lebanon. Salah satunya adalah Putra Mahkota Abu Dhabi Syekh Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

"Pikiran dan doa kami bersama saudara-saudari Lebanon selama masa-masa sulit ini. Kami berdoa semoga Tuhan memberi Anda kesabaran. Tuhan memberkati Lebanon dan rakyat Lebanon," ungkap Syekh Mohamed melalui akun Twitter-nya.

Ledakan di Beirut, Lebanon. (Foto: Twitter @tommynival)

Pemimpin Dubai Syekh Mohammed bin Rashid juga menyatakan dukungan kepada masyarakat Lebanon. "Belasungkawa kami kepada orang-orang terkasih di Lebanon. Semoga Tuhan, kasihanilah mereka yang meninggal hari ini. Semoga Tuhan memberi mereka kesabaran," tulisnya dalam linimasa Twitter.

Sementara Kementerian Luar Negeri Bahrain mengeluarkan pernyataan, "Kerajaan Bahrain menyatakan penyesalannya yang mendalam mengenai ledakan mengerikan yang terjadi hari ini di sebuah gudang dekat Pelabuhan Beirut yang mengakibatkan kematian dan cedera banyak warga sipil dan menyebabkan kerusakan material parah di pinggiran Kota Beirut."

"Kementerian Luar Negeri menekankan solidaritas Bahrain dengan saudara-saudara Lebanon di masa-masa yang mengerikan ini," isi pernyataan itu.

"Kementerian juga menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga para korban dan Pemerintah Lebanon serta berharap mereka yang terluka pulih dengan cepat," lanjut pernyataan tersebut.

Kuwait juga mengatakan bahwa mereka memperluas dukungan penuhnya untuk Lebanon. "Negara Kuwait mengikuti dengan penuh kesedihan dan kesakitan atas ledakan besar yang terjadi sore ini di ibu kota Lebanon, Beirut, menewaskan dan melukai puluhan orang serta menyebabkan kerusakan material yang parah," tulis pernyataan Kementerian Luar Negeri Kuwait.

Kuwait menyatakan mendukung saudara-saudara di Lebanon untuk menjaga keamanan dan stabilitas negara.

Baca juga: Amalkan Doa dan Zikir Ini Biar Tetap Tenang saat Tertimpa Musibah 

Oman juga menyatakan kesedihan yang mendalam atas ledakan di Pelabuhan Beirut. Kesultanan Oman mengeluarkan pernyataan sedih yang mendalam atas kejadian ini.

"Kesultanan menyatakan solidaritas dan dukungan bagi Lebanon dan rakyatnya serta menyampaikan belasungkawa dan simpati tulus kepada keluarga para korban dan berharap pemulihan cepat bagi yang terluka dan terluka."

"Kesultanan berharap Lebanon mengatasi cobaan yang menyakitkan ini dan perdamaian terus berlanjut di seluruh wilayah," tambah pernyataan itu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan kesedihannya atas insiden tersebut. "Gambar dan video dari Beirut malam ini mengejutkan. Semua pikiran dan doa saya bersama orang-orang yang terperangkap dalam kejadian mengerikan ini. Inggris siap memberikan dukungan dengan cara apa pun yang kami bisa, termasuk kepada warga negara Inggris yang terkena dampak," ungkapnya.

Baca juga: Jangan Cemas, Baca Doa Ini agar Hati Tenang 

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan misi penyelamatan dan bantuan sedang dalam perjalanan ke Lebanon. "Saya menyatakan solidaritas persaudaraan saya dengan orang-orang Lebanon setelah ledakan yang menyebabkan begitu banyak korban dan begitu banyak kerusakan malam ini di Beirut," tweet Macron.

"Prancis berdiri di sisi Lebanon. Selalu. Penyelamatan dan bantuan Prancis sedang berlangsung," tambahnya.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel men-tweet dukungan untuk rakyat Lebanon dan keluarga para korban ledakan.

"Pikiranku bersama rakyat Lebanon dan keluarga para korban Beirut yang tragis," tulis Michel, "Uni Eropa siap memberikan bantuan dan dukungan. Tetap kuat."

Baca juga: Amalkan Zikir Ini, Dosa Akan Diampuni Meski Sebanyak Buih di Laut 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya