Share

Kesunahan di Hari Jumat, Salah Satunya Berjimak dengan Pasangan Halal

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 614 2258377 kesunahan-di-hari-jumat-salah-satunya-berjimak-dengan-pasangan-halal-KwDjUKaVL4.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JUMAT jadi salah satu hari yang paling istimewa bagi umat Islam. Pada waktu tersebut banyak keutamaan yang dapat dilakukan, oleh karenanya setiap muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunah dan saleh. Jumat juga merupakan sayyidul ayyam yang artinya rajanya hari sebagaimana tertulis dalam Alquran.

"Hari Jumat tertulis di dalam Alquran," ujar Ketua Bidang Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Abdullah Jaidi saat ditemui Okezone di kantor pusat MUI, Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sahkah Sholat jika Aurat Terlihat Orang Tanpa Disadari?

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan salat lantas dia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang dia minta," (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad dan lainnya).


Kiai Jaidi mengatakan, pada hari Jumat dianjurkan untuk memperbanyak sedekah, datang ke masjid lebih dulu untuk Sholat Jumat, dan bagi yang sudah berumah tangga berjimak dengan pasangan juga disunahkan.

Selain itu, terdapat dua waktu mustajab untuk berdoa pada Jumat. Pertama, pada saat antara duduknya imam hingga selesainya Sholat Jumat. Hal ini dijelaskan haditt riwayat Muslim dan Abu Daud, di mana dari Abu Burdah bin Abi Musa Al Asy’ari radhiyallahu anhuma berkata;

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Abdullah Ibnu Umar bertanya padaku; 'Apakah engkau pernah mendengar ayahmu menyebut suatu hadits dari Rasulullah mengenai waktu mustajabnya doa di hari Jumat?" Abu Burdah menjawab, "Iya betul, aku pernah mendengar dari ayahku (Abu Musa), ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda; "Waktu tersebut adalah antara imam duduk ketika khutbah, hingga imam menunaikan Sholat Jumat," (HR. Muslim dan Abu Daud).

Di dalam riwayat lainnya juga menjelaskan, Nabi Muhammad Shalallahu 'alahi wasallam bersabda:

"Di hari Jumat terdapat suatu waktu, di mana jika ada seseorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah setelah Ashar," (HR. Ahmad).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini