Ini Batasan-Batasan 5 Waktu Sholat Fardhu yang Wajib Diketahui

Sabtu 08 Agustus 2020 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 330 2259093 ini-batasan-batasan-5-waktu-sholat-fardhu-yang-wajib-diketahui-nUHmSCMU0t.jpg ilustrasi (stutterstock)

SHOLAT adalah ibadah yang wajib dikerjakan tiap muslim yang sudah baligh dan berakal. Rasulullah dalam sebuah hadist menegaskan bahwa sholat sebagai tiang agama. Sholat juga merupakan rukun Islam kedua setelah bersyahadat dan amal pertama setelah iman yang dihisap pada hari akhirat.

Setiap muslim diwajibkan sholat lima waktu sehari semalam, yakni dzuhur, ashar, maghrib, isya dan subuh.

Baca juga: Bikin Takjub, Begini Kesaksian Aisyah tentang Ibadah Malam Rasulullah

Dari lima sholat yang difardhukan tersebut mempunyai waktu masing-masing.

Mahasantri Ma’had Aly Hasyim Asy’ari, Almara Sukma menjelaskan batas waktu sholat fardhu dalam artikelnya bersumber dari kitab Matan Ghoyah wa Taqrib seperti dikutip dari website resmi Pondok Pesantren Tebuireng, Sabtu (8/8/2020) sebagai berikut:

Waktu Sholat Dzuhur

Waktu sholat dzuhur dimulai saat matahari tergelincir dan berakhir setelah bayangan setiap sesuatu berukuran sama dengan aslinya ditambah bayangan yang muncul saat matahari tergelincir.

Waktu Sholat Ashar

Permulaan waktu ashar adalah adanya kelebihan bayangan dari bayangan yang sama dengan bendanya. Akhir waktu ashar secara ikhtiar adalah saat panjang bayang-bayang suatu benda mencapai dua kali lipat dari benda aslinya. Sedangkan secara jawaz waktu ashar berakhir ketika matahari terbenam. Dalil yang menunjukkan waktu ashar adalah:

Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah Saw bersabda: Barangsiapa yang sempat mengerjakan satu rakaat sholat subuh sebelum matahari terbit, maka ia tetap mendapati Sholat Subuh (di dalam waktunya). Barangsiapa yang sempat mengerjakan satu rakaat Sholat Ashar sebelum matahari terbenam, maka ia telah mendapati Sholat Ashar (di dalam waktunya).” (HR. Bukhari)

Waktu Sholat Maghrib

Waktu Sholat Maghrib itu hanya satu, yaitu mulai matahari terbenam ditambah beberapa saat untuk mengumandangkan adzan, berwudhu, menutup aurat, sholat maghrib, dan sholat lima rakaat.

Pendapat ini dikemukakan oleh Imam Syafi’i dalam qoul Jadidnya. Sedangkan dalam qoul qodimnya ia berpendapat waktu shalat magrib itu memanjang hingga hilangnya awan merah.

Selain itu dijelaskan juga dalam hadis Nabi Muhammad SAW:

Sesungguhnya Rasulullah Saw, bersabda: Waktu Sholat Maghrib adalah selama awan belum menghilang.” (HR. Muslim)

Waktu Sholat Isya

Permulaan waktu isya adalah hilangnya awan merah. Akhir waktu ikhtiyar shalat isya adalah sepertiga malam. Sedangkan akhir waktu jawaznya adalah sebelum terbit fajar kedua.

Dalil yang menunjukkan waktu Sholat Isya adalah apa yang diriwayatkan oleh imam Muslim dan yang lainnya:

Dari Abu Qotadah r.a. sesungguhnya Rasulullah Saw, bersabda: “Ingatlah bahwa sesungguhnya tidak ada kelalaian pada orang yang tidur. Sesungguhnya lalai itu terdapat pada orang yang tidak mengerjakan sholat sampai datang waktu shalat berikutnya.”(HR. Muslim)

Waktu Sholat Subuh

Permulaan waktu Sholat Subuh adalah munculnya fajar kedua. Akhir waktu ikhtiyar Sholat Subuh adalah munculnya suasana remang-remang. Sedangkan akhir waktu jawaznya adalah munculnya matahari.

Dalil yang menjelaskan tentang waktu shalat shubuh adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Abu Musa Al-Asy’ari seperti yang telah kami kemukakan di depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini