Ini Bacaan Istighfar Terbaik saat Pagi dan Petang, Balasannya Surga

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 330 2259923 ini-bacaan-istighfar-terbaik-saat-pagi-dan-petang-balasannya-surga-Zu3eKRNjKn.jpg Ilustrasi beristighfar. (Foto: Shutterstock)

SAYYIDUL istighfar adalah istighfar terbaik, puncaknya istighfar, paling tinggi, dan istimewa dari segala zikir istighfar yang ada. Istighfar adalah memohon ampun dan bertobat atas segala perbuatan yang dilakukan.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

طُوْبَى ِلمَنْ وَجَدَ فِي صَحِيْفَتِهِ اسْتِغْفَارًا كَثِيْرًا.

"Sungguh beruntung seseorang yang mendapati pada catatan amalnya istighfar yang banyak." (HR Ibnu Maajah nomor 3818, dan dishahihkan oleh Syekh Al-Albani rahimahullah)

Baca juga: Ini Lho Romantis yang Benar dalam Islam, Pastinya Halal 

"Sayyidul istighfar dapat dibaca pagi hingga siang hari sebelum masuknya waktu Ashar dan malam hingga sebelum habisnya waktu malam (sebelum terbit fajar)," terang Ustadz Abdullah Zaen, dikutip dari akun Youtube Yufid TV, Senin (10/8/2020).

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa yang pagi harinya membaca sayyidul istighfar kemudian dia meyakini isinya dan mati sebelum masuk Ashar, maka dia pasti akan masuk surga. Adapun siapa yang membaca di sore hari kemudian dia mati sebelum habis waktu malam maka dia akan masuk surga." (HR Bukhari)

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Berikut bacaan sayyidul istighfar (istighfar terbaik) beserta artinya:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلَّا أَنْت

Allaahumma anta robbii, laa ilaaha illaa anta

"Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau."

خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ

Kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘alaa ‘ahdika

"Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu."

وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ

Wa wa’dika mas tatho’tu

"Dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku."

أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ

A‘udzubika min syar-ri maa shona’tu

"Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku."

أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ

Abuu-u laka bini’matika ‘alayya

"Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku."

وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِي

Wa abuu-u bidzambii faghfirlii

"Dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku."

فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Fa-innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta

"Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau." (Muttafaq ‘alaih)

Baca juga: Tinggalkan Debat meski Benar, Merendahlah karena Allah Ta'ala 

"Imam Al Bukhari dalam judul bab 'Istighfar yang Paling Utama' di kitab sahihnya, menunjukkan bahwa ini adalah lafaz istighfar terbaik. Jika kita perhatikan makna dari istighfar ini, ada banyak ungkapan yang menunjukkan kerendahan hati kita di hadapan Allah dan pengagungan kepada Allah semata. Kita merendahkan diri sebagai hamba dan memuji Allah Yang Maha Sempurna Sifat-Nya," jelas Ustadz Ammi Nur Baits, dewan pembina Konsultasi Syariah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Berzikir dapat dilakukan kapan pun, namun waktu yang paling utama adalah pagi dan petang. Perintah ini terdapat dalam Alquran Surah Al Ahzab (33) Ayat 42 dan 43:

وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

هُوَ الَّذِي يُصَلِّي عَلَيْكُمْ وَمَلَائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ ۚ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا

"Dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang. Dia-lah yang memberi rahmat kepadamu dan para malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu) agar Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman."

Baca juga: Baca Alquran Terbata-bata Dapat Pahala 2 Kali, Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat 

Orang yang senantiasa selalu memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala kapan pun, sejatinya adalah orang yang takut kepada azab-Nya.

Di akhir waktu sebelum tidur, setiap Muslim dianjurkan bermuhasabah atau introspeksi diri atas segala perbuatan yang dilakukan. Terkadang manusia tidak menyadari sudah melakukan dosa seperti melihat aurat orang lain, berkata kasar, bersikap rakus terhadap makanan, dan sebagainya.

Muhasabah penting dilakukan karena tidak mengetahui apakah masih diberikan kesempatan hidup setelah bangun tidur oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dalam Alquran Surah At-Tahrim (66) Ayat 8, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

"Wahai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan tobat semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke surga-surga yang mengalir di bawahnya sunga-sungai pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, 'Ya Tuhan kami, sempunakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami.' Sungguh, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Baca juga: Yuk Disimak Pentingnya Niat Puasa Senin Kamis 

Memperbaiki diri setiap hari merupakan perbuatan mulia, hal tersebut dapat membuat Muslimin semakin dekat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Jika sudah dekat dengan Allah Ta'ala, segala urusan akan dipermudah dan diridhoi oleh Allah, tentu yang tidak mengandung kemaksiatan. Ingatlah Allah Ta'ala kapan pun, maka Allah akan mengingat setiap Muslim di mana dan kapan saja.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya