Tamak Ternyata Ada yang Diperbolehkan Lho, Ini Penjelasannya

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 330 2263789 tamak-ternyata-ada-yang-diperbolehkan-lho-ini-penjelasannya-kgdavdS1sk.jpg Ustadz Khalid Basalamah menyatakan boleh tamak akan rahmat Allah Subhanahu wa ta'ala. (Foto: Istimewa/Youtube Khalid Basalamah Official)

TAMAK merupakan sifat yang selalu merujuk pada sikap tidak pernah puas akan suatu hal. Tamak atau bisa juga disebut serakah dianggap sebagai perilaku buruk. Namun nyatanya ada satu tamak yang diperbolehkan, bahkan sangat dianjurkan, yakni tamak terhadap rahmat Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Kita disuruh tamak terhadap rahmat Allah. Jika kita sudah diberikan kesehatan, minta sama Allah agar kesehatan itu ditambahkan. Kita sudah diberikan keturunan, minta ditambahkan, minta diberkahi. Mintalah sesuatu nikmat agar ditambah, agar lebih afdhal di sisi Allah," kata Ustadz Khalid Basalamah, dikutip dari akun Youtube-nya, Selasa (18/8/2020).

Baca juga: Kisah Doa Sarah Istri Nabi Ibrahim Membuat Stroke Raja Zalim 

Misalnya manusia dalam keadaan sehat walafiat, tersedia makanan dan minuman di rumah, memiliki pekerjaan, itu merupakan nikmat tiada tara yang Allah Subhanahu wa ta'ala berikan.

Oleh karena itu, supaya lebih afdal mintalah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar nikmat tersebut dipertahankan, bahkan ditambahkan. Ustadz Khalid Basalamah juga menyarankan untuk tidak menunggu masalah datang barulah meminta kepada Allah Azza wa jalla jalan keluar dari maslaah itu.

"Allah menginginkan kita tamak terhadap rahmat-Nya. Bahkan orang yang tidak berdoa, tidak mohon kepada Allah, Allah akan marah kepadanya," tambah dia.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surah Al Mu'min Ayat 60:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

"Dan Tuhanmu berfirman: 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina'."

Baca juga: HUT Ke-75 RI, Sultan Oman Sampaikan Selamat dan Doakan Kesehatan 

Betapa baiknya Allah Subhanahu wa ta'ala yang justru meminta hamba-Nya menyampaikan keinginan kepada-Nya. Berbeda halnya dengan manusia yang justru akan marah apabila terlalu banyak meminta. Mintalah kepada Allah Azza wa jalla yang kalau manusia tidak meminta justru Dia akan marah.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Raja Salman Ucapkan Selamat HUT Ke-75 RI, Doakan Maju dan Sejahtera 

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini