Sabar Tidak Ada Batasnya, Benarkah?

Yudistira, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 330 2266480 sabar-tidak-ada-batasnya-benarkah-yx4p6tSxTz.jpg Ilustrasi (Freepik)

JIKA menilik pada sudut pandang manusia, sangat wajar jika kita sering mengatakan bahwa sabar ada batasnya. Sebab manusia merupakan makhluk yang serba terbatas.

Namun bagaimana jika kita menilik sabar melalui sudut pandang Allah SWT dalam firman-Nya yang termaktub?

Dalam Asmaul Husna (Nama-nama Allah yang baik) juga menyuguhkan beragam sifat Allah SWT, salah satunya adalah Maha Sabar. Walaupun pada hakikatnya, Allah SWT tidak bisa disifati, karena Dia adalah Dzat yang tidak bergantung pada apapun.

Pendakwah KH Buya Syakir Yasin MA menerangkan bahwa sabar adalah sifat yang tidak ada batasnya. "Sabar diambil dari kata bahasa Arab, yaitu Shabara. Kemudian diadopsi ke dalam bahasa Indonesia menjadi sabar," katanya dalam sebuah tausyiah yang disiarkan melalui channel YouTube Wamimma TV, Senin (24/8/2020).

 

Buya Syakur kemudian menjelaskan bagaimana Allah SWT memaknai sabar melalui firman-Nya

"Kita sering berkata bahwa sabar itu ada batasnya, padahal tidak ada batasnya. Allah SWT berfirman اِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابٍرِينَ

Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. Allah SWT itu dzat yang tanpa batas, apabila Allah bersama orang-orang yang sabar, itu maknanya sabar tidak ada batasnya" pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini