Koin Emas Kuno Peninggalan Dinasti Abbasiyah Ditemukan di Israel

Rizka Diputra, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 614 2266923 koin-emas-kuno-peninggalan-dinasti-abbasiyah-ditemukan-di-israel-Qb86zxECtu.JPG Koin emas kuno peninggalan Dinasti Abbasiyah ditemukan di Israel (Foto: Euro News)

SEBUAH harta karun koin emas sisa peradaban Islam awal telah ditemukan selama penggalian baru-baru ini di Kota Yavne, Israel tengah. Arkeolog setempat melaporkan koin yang ditemukan sebanyak 425 buah yang sebagian besar berasal dari periode Abbasiyah sekitar 1.100 tahun silam.

"Ini adalah penemuan sangat langka," ucap kata arkeolog Israel Antiquities Authorities Liat Nadav-Ziv dan Elie Haddad dalam sebuah pernyataan bersama, dinukil dari laman Euro News, Selasa (25/8/2020).

Koin-koin itu digali oleh para relawan muda selama beberapa hari terakhir. Ratusan kliping kecil lainnya dari koin emas yang akan berfungsi sebagai denominasi yang lebih kecil juga ditemukan.

Baca juga: Hati-Hati, Amalan Seseorang Tertolak jika Syirik kepada Allah

Analisis awal menunjukkan koin tersebut berasal dari akhir abad ke-9, menurut Robert Kool, seorang ahli koin dengan otoritas barang antik. Periode ini dianggap sebagai masa keemasan Kekhalifahan Abbasiyah yang menguasai sebagian besar timur dekat dan Afrika Utara.

“Semoga studi tentang penimbunan akan memberi tahu kita lebih banyak tentang periode yang masih sangat sedikit kita ketahui,” kata Robert Kool.

Kota Yavne tersebut merupakan salah satu tempat penyimpanan koin kuno terbesar yang ditemukan di Israel. Pada 2015, penyelam amatir menemukan sekitar 2.000 koin emas di lepas pantai kota pelabuhan kuno Caesarea yang berasal dari periode Fatimiyah pada abad ke-10 dan ke-11.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini