Hati-Hati, Amalan Seseorang Tertolak jika Syirik kepada Allah

Pristia Astari, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 614 2266510 hati-hati-amalan-seseorang-tertolak-jika-syirik-kepada-allah-tvkGckx9PQ.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SETIAP umat Islam menginginkan memiliki tabungan amal saleh yang banyak. Sebab, amalan saleh akan ditimbang di hadapan Allah untuk menentukan apakah ia nantinya jadi penghuni surga atau justru dihempasken ke neraka.

Dalam beramal, setiap muslim tetap harus berhati-hati, karena pahalanya bisa saja lenyap seketika manakala ia melakukan perbuatan yang dilarang Allah Subhanahu wa Ta'ala. Misalnya berbuat syirik. Syirik adalah dosa besar yang tiada ampunan bagi pelakunya.

Dikutip dalam buku Hadis Qudsi karya Drs. Moh. Syamsi Hasan, M. Pd, tertulis, hadits qudsi yang berkaitan dengan masalah ini, dijumpai di dalam Shahih Imam Muslim sebagai berikut:

Baca juga: Jangan Takut, Baca Doa Ini saat Tertimpa Musibah

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman: “Aku adalah yang paling tidak butuh pada sekutu, jauh dari persekutuan. Barangsiapa yang melakukan suatu amal, sementara dia menyekutukan (syirik) Aku dalam amalnya itu dengan yang selain Aku, maka Aku tinggalkan dia dan sekutunya (yang disekutukan denganKu),” (HR. Muslim).

Hadits qudsi yang serupa juga dijumpai di dalam Sunan Ibnu Majah, sebagai berikut:

Rasulullah bersabda: “Allah Azza wa Jalla berfirman: 'Aku adalah yang paling tidak butuh pada sekutu, jauh dari persekutuan. Barang siapa yang melakukan suatu amal untukKu, namun dia menyekutukan Aku dalam amalnya itu dengan yang selain Aku, maka Aku membebaskan diri darinya. Sedangkan dia, untuk orang yang dia seutukannya (denganKu itu)," (HR. Ibnu Majah).


Sedangkan Imam Ahmad meriwayatkannya dengan jalan yang berbeda yaitu:

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, yakni, Allah Azza wa Jalla berfirman: “Aku adalah sebaik-baik teman. Barangsiapa yang melakukan suatu amal, lalu ia bersikap musyrik dalam amalnya itu dengan yang selain Aku, maka Aku membebaskan diri darinya. Sedangka dia, untuk orang yang dia sekutukan (dengan-Ku itu),” (HR. Ahmad).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya