Begini Cara Mengatasi Putus Asa

Ade Naura, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 616 2268255 begini-cara-mengatasi-putus-asa-llDjjlEuCF.jpg ilustrasi (stutterstock)

TIDAK sedikit dari kita yang suka menyerah dalam menghadapi sesuatu atau putus asa. Putus asa pada dasarnya timbul karena manusia terlalu bersandar pada sesuatu selain Allah. Misalnya kepada hartanya, pekerjaannya, kekuatannya, relasinya, temannya, usahanya, kepintarannya, dan sebagainya.

“Ketika usahanya jatuh, maka asanya pun jatuh. Ketika kepandaiannya hilang maka harapannya hilang. Ketika harta simpanannya lenyap, maka harapannya pun lenyap karena sandarannya adalah makhluk yang enggak bisa apa-apa. Tetapi beda dengan orang yang bersandar kepada Allah SWT,” kata Habib Novel Alaydrus dalam video tausyiah yang dikutip Okezone, Kamis (27/8/2020).

 Baca juga: Ini Jadwal Puasa Sunah 7 Hari di Bulan Muharram, Asyura hingga Ayyamul Bidh

Menurut pimpinan majelis ilmu dan dzikir Ar-Raudhoh, Surakarta, Jawa Tengah ini, orang yang bersandar kepada Allah meyakini dan sadar bahwa dirinya tidak bisa apa-apa tanpa kehendak Allah.

Setiap langkahnya dan napasnya, ia hanya akan bergantung kepada Allah SWT. Maka, ia akan menjadi orang yang optimis, dan pantang menyerah. Karena setiap ia jatuh, ia tahu bahwa Allah yang akan membantunya untuk berdiri lagi. Orang tipe ini tidak akan pernah putus asa.

Sabda Rasulullah dalam hadist riwayat Al Hakim “Barangsiapa mengucapkan Laa Haula Wa La Quwatta Illa Billah, maka ucapannya itu menjadi obat bagi 99 penyakit dan penyakit paling ringan adalah al-ham (suntuk, sumpek, tidak enak hati).”

 

Dengan membaca doa tersebut, maka hati ini akan menjadi tenang, nyaman, dan tentram. Karena dengan doa ini, semoga kita bisa menjadi pribadi yang optimis dan tidak putus asa lagi.

Intinya adalah segala sesuatu yang dilakukan, bersandarlah pada Allah sehingga saat keinginan tidak tercapai, maka bisa kembali kepada hakikatnya Allah. Allah akan memberi sesuatu sesuai kebutuhan hamba-Nya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini