Bila Usia Telah Sampai 60 Tahun, Masih Adakah Tempat untuk Bergurau?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 613 2312571 bila-usia-telah-sampai-60-tahun-masih-adakah-tempat-untuk-bergurau-Ct7EpYSKHW.jpg Seorang warga lanjut usia di Italia di jalan yang sepi dampak virus corona. (Foto: FT)

JAKARTA- Manusia selalu diingatkan akan hari tuanya. Masa di mana kenikmatan dunia mulai dirasakan berkurang dan kematian pun akan datang.

Imam Ibnul Jauzi radhiyallahu 'anhu berkata, "Alangkah bodohnya manusia yang tak tahu kepastian kematiannya, namun sama sekali tidak mempersiapkan bekal-bekalnya."

Yang lebih bodoh lagi adalah seseorang yang telah melewati usia 60 dan mendekati 70-an, saat yang sangat dekat dengan waktu kematiannya, namun terus saja dia lalai serta tidak menyadari akan datangnya kematian.

Baca Juga: Cerita Tumpahnya Kopi Ustad Yusuf Mansur Saat Ngopi Bareng Gus Umam

Dikutip dari akun Youtube Ustaz Najmi Umar Bakkar menyebutkan, demi Allah, pada saat seperti itu, tawa serta canda tak lagi bermakna. Senda gurau tidak lagi bisa menghibur. Apabila diri seseorang masih cinta kepada dunia, maka alangkah malangnya dia, dan alangkah lemah akal dan pikirannya.

Masih adakah tempat bagi yang berumur 70-an untuk bercanda dan bersenda gurau ? Jika ingin sampai umur 70 tahun, ketahuilah bahwa dia pun akan banyak menderita.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini