Kemuliaan Sholat Subuh Berjamaah, Disaksikan Malaikat Malam dan Siang

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 330 2316771 kemuliaan-sholat-subuh-berjamaah-disaksikan-malaikat-malam-dan-siang-WVuWkd1O3O.jpg Sholat Subuh berjamaah di masjid begitu tinggi kemuliannya. (Foto: Freepix)

JAKARTA- Sholat Subuh  berjamaah di masjid begitu dimuliakan dalam Islam. Bahkan Allah SWT menugaskan para malaikat malam dan siang menjadi saksi atas perintah Sholat Subuh.

Kekuasaan Allah SWT dalam menentukan amalan hamba-Nya dari ketekunan ibadah Sholat Subuh yang dijalaninya.

Perintah Allah SWT terhadap pentingnya Sholat Subuh jelas ada pada firman-Nya dalam Al-Qur’an, “Sesungguhnya Sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al-Isra : 78).

Baca Juga: Ingin Punya Adab dan Ahlak yang Baik? Coba Cek Lingkungan Pergaulan Dulu

Malaikat mempunyai tugas untuk mencatat segala amal perbuatan yang dilakukan oleh manusia setiap harinya. Keistimewaan Sholat subuh menjadi hal sebuah amal perbuatan baik yang disaksikan langsung oleh para malaikat malam dan siang.

Dikutip dari Buku “Dahsyatnya Shalat Subuh” pada Jumat (27/11/2020), Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga: Fakta, Rasulullah Tak Pernah Kenyang Saat Menyantap Makanan

“Malaikat-malaikat malam dan siang saling bergantian mengawasi kalian dan mereka berkumpul pada waktu Sholat Subuh dan shalat ashar. Kemudian para malaikat yang menjaga malam kalian naik menghadap kepada Allah. Dan Allah Yang Mahatahu bertanya kepada mereka, ‘Bagaimana kalian meninggalkan hamba-hamba Ku?’ Maka mereka menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan sholat dan kami mendatangi mereka dalam keadaan sholat.’”

Orang-orang beriman yang menegakkan perintah Allah SWT untuk menjalani Sholat Subuh, mendapatkan keistimewaan bagi-Nya.

Selain disaksikan oleh malaikat, melaksanakan Sholat Subuh juga menjadi amalan yang baik karena telah berhasil memerangi rasa malas ketika bangun tidur. (Uck)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini