Dalam Sholat Terkandung Iman, Islam dan Ihsan Maka Tegakanlah

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Minggu 29 November 2020 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 330 2317885 dalam-sholat-terkandung-iman-islam-dan-ihsan-maka-tegakanlah-5kWcXxpH0d.jpg Sholat wajib 5 waktu. (Foto:Freepix)

JAKARTA – Islam mengajarkan umat muslim untuk melaksanakan ibadah sholat wajib 5 waktu.

Jika tak dikerjakan, maka akan mendapat dosa. Lalu mengapa umat muslim wajib sholat 5 waktu? Apa alasannya?

Dari buku "Rahasia Keutamaan Sholat Subuh ditulis oleh Syeikh M. Nuruddin Marbu Al-Makki" dikutip pada Ahad (29/11/2020). Buku ini menjelaskan tentang, perintah sholat wajib 5 waktu  kepada umat muslim.

Baca Juga: Bagaimana Muslimah Memastikan Selesai Haid untuk Sholat, Simak Penjelasan Ini

Sholat adalah segala-galanya. Bahkan, kalau jika diteliti lebih jauh, didapati bahwa sholat itu tidak hanya mencakup rukun Islam yang lima (yaitu Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat, dan Haji). Yang lebih penting justru tiga pertanyaan yang Malaikat Jibril tanyakan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam (SAW).

Yang pertama adalah berhubungan dengan iman, yang kedua dengan Islam, yang ketiga yaitu dengan ihsan. Ketiga hal tersebut semuanya terdapat dalam sholat.

Baca Juga: Agar Nikmat Hidup Bertetangga, Cintailah Tetangga

Misalnya, rukun iman yang enam. Yang pertama, jelas, seseorang beriman kepada Allah SWT “Antu ‘mina billah.” Begitu pula yang kedua, "Wamalaaikatihi" (dan malaikat-Nya). Alasannya, ketika melaksanakan sholat, kita yakin disaksikan oleh para malaikat, sehingga akan timbullah keihsanan kita. Kita merasa diperhatikan. Segala-galanya dinilai oleh sekian ribu malaikat yang memerhatikan sholat yang kita laksanakan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Beriman kepada Rasul-Rasul Allah juga terdapat dalam sholat. Dengan permintaan kita di saat kita membaca Al Fatihah, "Ihdinashiratol mustaqiim sirathal ladziina an amta alaihim." Kata "him" ini menunjukkan kepada para nabi dan rasul.

Selanjutnya, beriman kepada hari kiamat. Mungkin kita akan sembarangan saja dalam melaksanakan sholat. Namun, pada waktu kita meyakini akan adanya hari pembalasan yang akan diberikan kepada kita pada hari kiamat, mungkin sholat kita akan kita laksanakan sekhusyu' mungkin dan sesempurna mungkin. Mengapa? Sebab, kita meyakini adanya hari pembalasan.

Baca Juga: Kalbu Mengeras karena Jauh dari Allah SWT

Bagaimana dengan beriman kepada qadha dan qadhar? Di sini kita menerima takdir dari Allah SWT. Semua yang terjadi, baik yang buruk maupun yang bagus, semata-mata datangnya dari Allah Subhanahu wata'ala (SWT)

Jadi, jelaslah bahwa dalam sholat itu ada Rukun Islam dan Rukun Iman. Bahkan, di samping Islam dan iman, sholat itu juga mencakup ihsan. Ihsan inilah yang menunjukkan ikhlas, kemurnian hati, sewaktu melaksanakan sholat.

Mengingat sholat itu mempunyai peranan seperti itu dalam kehidupan seseorang, wajarlah bahwa sholat itu diwajibkan kepada kita. Dengan sholatlah kita senantiasa ingat, senantiasa bertawadlu’, senantiasa menjauhkan penderitaan dan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. (Uck)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya