3 Tanda Orang yang Sungguh-Sunguh Bertobat

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 04:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 330 2321920 3-tanda-orang-yang-sungguh-sunguh-bertobat-3hy9QtqqDA.jpg Bertobat dan memohon ampunan Allah SWT. (Foto: Human Resources)

JAKARTA- Penting diketahui bagi orang yang sungguh-sungguh ingin bertobat. Sebab jika hanya niat bertobat tanpa memperhatikan hal-hal yang memungkinkan tergelincir kembali dalam dosa, maka tobatnya itu menjadi sia-sia saja.

Dalam sebuah nasihatnya Ustaz Sofyan Chalid Ruray hafizhahullah dikutip pada Senin (7/12/2020) menjelaskan bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam menceritakan tentang nasihat ulama umat terdahulu kepada pembunuh 100 nyawa yang mau bertobat.

Baca Juga: Mutowif di Masjidil Haram: Ini Lebih Baik dari Pekerjaan Apapun di Dunia

“Pergilah ke kampung ini dan itu, karena padanya ada orang-orang yang beribadah kepada Allah maka beribadahlah kepada Allah bersama mereka. Dan janganlah engkau kembali ke kampungmu, karena itu adalah kampung yang buruk (dihuni oleh orang-orang yang buruk).(HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Sa’id Al-Khudriradhiyallahu’anhu)

Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata,“Ulama berkata, dalam hadis ini terdapat pelajaran yang bisa diambil yakni:

Baca Juga: Jika Nabi Muhammad Sudah Bersabda, Jangan Bertanya 'Kenapa' dan 'Bagaimana'

Anjuran bagi orang yang bertobat untuk meninggalkan tempat-tempat yang padanya dia melakukan dosa.

Berpisah dengan teman-teman yang selalu mendorongnya untuk berbuat dosa dan memutus hubungan dengan mereka apabila mereka terus bermaksiat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Mengganti persahabatannya dengan orang-orang yang baik, soleh para ulama, ahli ibadah yang menjaga diri dari maksiat, dan orang-orang yang dapat dia jadikan teladan serta mengambil manfaat dari pertemanan dengan mereka dan menguatkan taubatnya.” (Syarh Muslim, 17/83)

Baca Juga: Pilihan Terberat Suami, Dahulukan Ibunya atau Istri? Ini Nasihat Rasulullah

Maka hadis yang mulia di atas menunjukkan bahwa memilih teman yang baik dan meninggalkan teman yang buruk termasuk kunci sukses dalam berhijrah, bahkan termasuk bukti benarnya tobat seseorang.

Az-Zahid Dzun Nun rahimahullah berkata:

"Tiga yang termasuk tanda benarnya tobat, yakni:

1.Selalu menangis sedih atas dosa-dosa yang telah berlalu.

2.Selalu takut kembali terjerumus dalam dosa itu.

3.Meninggalkan teman-teman yang suka berbuat buruk, dan selalu berteman dengan orang-orang yang baik." (Syu'abul Iman: 6787)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya