Awal Masuknya Islam ke Nusantara Bukan di Aceh, Ternyata di Barus

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 614 2323955 awal-masuknya-islam-ke-nusantara-bukan-di-aceh-ternyata-di-barus-klh8utjjfH.jpg Kota Barus di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Islam pertama kali masuk ke Nusantara. (Foto:SINDOnews)

JAKARTA – Daerah Barus di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, menjadi lokasi Islam pertama kali masuk di Nusantara. Jadi jika ada yang mengira Islam masuk ke Nusantara pertama kali di Aceh adalah keliru. Barus menjadi kota penyebaran agama Islam pertama di Nusantara.

Masyarakat di Indonesia banyak yang mengira awal mula sejarah Islam ada di Aceh karena adanya Kerajaan Samudera Pasai.

Baca Juga: Emosi Jadi Racun Paling Bahaya untuk Tubuh, Ini Penjelasannya

Penyebaran agama Islam di Nusantara dimulai dari perjalanan para sahabat dan saudagar Islam singgah ke Barus, Tapanuli Tengah.

Dikutip dari Ustaz Adi Hidayat LC, MA di Youtube Audio Dakwah pada Rabu (9/12/2020) "Ekspedisi diadakan pada saat itu dari Utopia, dari Habasyah, ke arah Negeri China. Ikutlah sebagai dari rombongan sahabat pada ekspedisi itu, singgahlah kemudian di Kota Barus dan menyebarkan Islam di daerah Barus sampai menyebar ke wilayah Nusantara. Dari situlah kemudian dimulai penyebaran Agama Islam sampai ke wilayah dari mulai Sumatera sampai ujung Papua."

Baca Juga: Hati Masih Keras Belum Bisa Menangis Saat Tahajud, Ada Apa?

Dalam Surah Al-Mudassir ayat 1-7 adalah perintah Allah SWT agar Nabi Muhammad berdakwah menyiarkan ajaran Islam kepada umat manusia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dari Kota Barus, penyebaran Islam berlanjut hingga ke berbagai pulau di Nusantara dan Indonesia pun menjadi negara dengan mayoritas penduduk memeluk agama Islam. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya