Nasihat Aa Gym Bagaimana Adab Terhadap Hewan Patut Dilakukan

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 621 2323775 nasihat-aa-gym-bagaimana-adab-terhadap-hewan-patut-dilakukan-vy0ssYFtPz.jpg Menyayangi hewan. (Foto:Dailysabah)

JAKARTA – Islam mengajarkan umatnya untuk saling menyayangi terhadap mahluk hidup termasuk hewan.

Hewan juga makhluk yang diciptakan Allah Subhanahu wa ta’ala (SWT) sehingga sebagai manusia dilarang untuk berbuat semena-mena atau menyiksanya. Hewan juga memilih perasaan, sama dengan manusia. Maka tugas manusia hanyalah merawat dan menjaganya.

Dalam kitab suci Al-Qur’an, Allah SWT memerintahkan untuk berbuat kebajikan kepada sesama makhluk hidup.

Baca Juga: Sir Leonard Woolley Buktikan Banjir Besar di Masa Nabi Nuh Memang Terjadi

“Dan tidak ada seekor binatang pun yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan semuanya merupakan umat-umat (juga) seperti kamu. Tidak ada sesuatu pun yang Kami luputkan dalam Kitab, kemudian kepada Tuhan mereka dikumpulkan.” (QS. Al-An’am :38)

Adab terhadap hewan ini juga pernah dijelaskan oleh KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dalam Channel Youtube Aa Gym Daily Vlog dikutip pada Selasa (08/12/2020). Beliau menyebutkan ada 6 sikap yang seharusnya ditanamkan terhadap hewan. Yaitu:

Baca Juga: Emosi Jadi Racun Paling Bahaya untuk Tubuh, Ini Penjelasannya

1.Menyayangi hewan 

Sayangi yang di bumi, niscaya yang di langit akan menyayangimu. Jadi menyayangi hewan itu akan mendatangkan kasih sayang Allah. Jangan disakiti, makin disayang, dia bisa merasakannya. Dan makin menyayangi binatang, semakin menghidupkan hati.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

 2.Memberi makan

Memberi makanan yang layak dan cocok bagi binatang itu. Jangan sampai membiarkannya kelaparan ataupun haus. Memberi makan kepada hewan jadi sedekah, menjadi kebaikan.

3.Jangan menyakiti hewan

Tidak menyakiti hewan, apalagi menjadikan binatang itu sasaran permainan. Seperti memanah burung, itu haram hukumnya. Bahkan, di dalam penyembelihan hewan qurban pun harus ihsan. Yaitu dengan diasah pisaunya, ditenangkan binatangnya, agar binatang qurban itu tenang dan mati dalam keadaan yang baik.

4.Jangan membuat hati jadi kotor

Ujub, riya, takabur, itu hal yang tidak baik. Dengan menyayangi binatang, seharusnya hati semakin bersih, lembut dan semakin tulus.

5.Jangan membuat lalai kepada Allah SWT

Ketika ibuk dengan hewan kesayangan, jangan jadi lalai dengan perintah-Nya. Seperti lalai sholat, zakat, puasa, dan lain-lain.

6.Berdzikir

Berdzikir seraya kagum dengan ciptaan-Nya. Karena semua makhluk ciptaan Allah pasti selalu bertasbih kepada-Nya.

Itulah sederet adab terhadap hewan yang dijelaskan Aa Gym. Dengan menyayangi dan mengasihi hewan sepenuh hati akan menjadi ladang pahala bagi kita. Sekecil apapun amal baik yang kita lakukan, pasti Allah akan membalasnya dengan yang setimpal.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya