Renungan Magrib, Jangan Asal Share Berita di Medsos Jari Jemari Kelak Akan Dimintai Pertanggungjawaban

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 330 2325008 renungan-magrib-jangan-asal-share-berita-di-medsos-jari-jemari-kelak-akan-dimintai-pertanggungjawaban-re62wPeQu3.jpg Hati-hati dengan jemarimu saat men-share berita yang tak jelas kebenaranya. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA- Media sosial (medsos) dan gadget membawa perubahan kehidupan manusia. Perubahan yang lebih baik, tetapi ada pula yang membawa keburukan.

Contohnya banyak sebagian dari kita tanpa menyaring atau mengecek kebenarannya sebuah berita langsung di- shrae di medsos.

Baca Juga: Jangan Meratapi Mayat, Begini Larangannya dalam Islam

Ustaz Dr. Firanda Andirja MA dalam Kelas UFA dikutip pada Kamis (10/12/2020) menyebutkan bahwa Allah Subhana wata'ala (SWT) berfirman:

“Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat).” (QS. Qaf : 18)

Baca Juga: Nasihat Nabi Muhammad Agar Taat kepada Pemimpin dalam Suka dan Duka

Di zaman ini, banyak orang yang hobi berkomentar atas setiap berita yang sampai kepadanya dan asal share di medsos sebuah berita tanpa memastikan kebenarannya terlebih dahulu. Tidakkah mereka merenungkan ayat di atas?

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tidakkah mereka sadar bahwa sebagaimana ucapan pasti dicatat, maka demikian pula tulisan yang ditulis oleh jari-jemarinya.

Waspadalah saudaraku! Waktu memang pasti berlalu, trending topic pasti akan tersapu oleh waktu, akan tetapi ingatlah bahwa tiada ucapan atau pun tulisan kita yang luput dari Allah.

Baca Juga: Jangan Mudah Mengucapkan Nazar, Jika Ingkar Puasa 3 Hari

"Sementara kita semua akan dimintai pertanggungjawaban di sisi-Nya kelak atas itu semua," ujarnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya