Menjenguk Orang Sakit Ibarat Menyelam dalam Rahmat

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 330 2325825 menjenguk-orang-sakit-ibarat-menyelam-dalam-rahmat-MYz5DaaGbK.jpg Menjenguk orang yang sakit mempunyai nilai pahala dan terkandung hikmah mendalam. (Foto:SINDOnews/Skanaa

JAKARTA – Banyak hikmah terkandung saat menjenguk orang sakit. Menjenguk orang sakit menjadi sebuah kewajiban dalam Islam. Islam sangat mengedepankan kepedulian antar sesama umat. Saat keluarga serta kerabat tertimpa ujian dari Allah Subhanahu wa ta'ala (SWT) berupa sakit. Wajib bagi umat Islam untuk menjenguknya saat kondisi seperti itu.

Dari Abu Umamah, Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang menjenguk orang sakit itu berjalan di dalam rahmat Allah SWT, dan Rasulullah SAW meletakkan tangannya di atas pinggangnya, kemudian beliau bersabda, 'Seperti ini mendatangi dan membelakangi, dan jika ia duduk di sampingnya (orang yang sakit) maka rahmat Allah SWT telah meliputinya'.”

Baca Juga: Bagaimana Jika Makmum Tertinggal Sholat Jumat, Ini Penjelasannya

Dalam Islam, menjenguk orang sakit menjadi sarana untuk mendapatkan keberkahan. Dengan berdoa saat menjenguk, manusia sebagai makhluk yang lemah senantiasa meminta berkat dari rahmat-Nya untuk disembuhkan dari sakit bagi orang yang sakit, dan amalan pahala untuk yang menjenguk.

Ustaz Ahmad Firdaus Lc menjelaskan, menjenguk orang sakit, termasuk hak dari kaum muslimin sesama Islam. Yang mana menjenguk orang sakit, memiliki pahala yang besar di sisi Allah SWT. "Maka janganlah berat kaki kita untuk menjenguk orang yang sakit," ujarnya melalui Channel YouTube Yufid TV pada Jumat (11/12/2020).

Baca Juga: Mau Sholat Jumat, Perhatikan 11 Hal Ini Agar Pahala Mengalir

“Barangsiapa menjenguk orang sakit maka berserulah seorang penyeru dari langit (malaikat), ‘Bagus engkau, bagus perjalananmu, dan engkau telah mempersiapkan tempat tinggal di dalam surga.” (HR. Ibnu Majah)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Orang yang sedang sakit, merasa senang saat diperhatikan saat dijenguk. Yang menjenguk mendapat amalan pahala baik karena menyenangkan hati orang lain. Dalam Islam, menjenguk orang sakit juga menjadi jalinan tali silaturahmi yang dapat dilaksanakan. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya