Pahala Memberi Nafkah kepada Keluarga Setara dengan Bersedekah

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 330 2326085 pahala-memberi-nafkah-kepada-keluarga-setara-dengan-bersedekah-3ltmZLHARW.jpg Suami atau seorang ayah wajib memberikan nafkah kepada istri dan anak-anaknya. (Foto:Youtube)

JAKARTA – Nafkah suami kepada istri dan anak-anaknya adalah kewajiban seorang kepala keluarga.Ternyata ada begitu banyak manfaat yang bisa diambil dari menafkahi keluarga, yakni bersedekah.

Seperti yang diketahui sedekah adalah perbuatan yang terpuji, apabila seseorang bersedekah dengan ikhlas pasti dia akan mendapatkan pahala. Namun, tidak sedikit dari para suami atau seorang ayah terkadang masih belum mengerti arti dari menafkahi istri dan anak-anaknya.

Baca Juga: Ghibah Seperti Memakan Bangkai Saudara Sendiri yang Sudah Mati

Allah Subhanahu wa ta’ala (SWT) berfirman:

“Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan Sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya.” (QS. An-Nisa’ : 34)

Baca Juga: Mau Sholat Jumat, Perhatikan 11 Hal Ini Agar Pahala Mengalir

Ustaz Hanan Atakki LC menjelaskan tentang bersedekah kepada istri akan mendapatkan pahala yang besar, “Memberi kepada istri itu pahalanya lebih besar daripada sedekah. Apalagi seorang suami yang memberi nafkah kepada istri, itu pahalanya lebih besar dari pada kita berinfaq untuk fisabilillah,” ujarnya dalam Channel Youtube Nisa Nurmaya pada Jumat (11/12/2020).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Menafkahi istri juga akan membuat hubungan rumah tangga menjadi nyaman. Selain memberikan kasih sayang dan perhatian, imbalan pahala pun akan didapatinya.

Sebagaimana Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam pernah bersabda dari sahabat Ibnu Mas’ud radhiyallahu anhu,

“Jika seorang lelaki memberikan kepada keluarganya (istrinya) nafkah maka hal itu terhitung sebagai sebuah sedekah.” (Muttafaqun ‘Alaih)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya