Cara Tawakal yang Benar Adalah Doa Disertai Usaha

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 330 2327524 cara-tawakal-yang-benar-adalah-doa-disertai-usaha-skgEwFaQ2c.jpg Tawakal yang benar adalah berdoa dan berusaha. (Foto:IB Times)

JAKARTA- Sudah besar apa usaha Anda dalam mencari rezeki halal. Dan sudah sebesar apa pula doa yang dipanjatkan agar usaha memperoleh rezeki itu tercapai.

Usaha dan dan doa tidak bisa dipisahkan. Setiap usaha apapun juga harus disertai dengan doa. Manusia bisa saja berencana dengan usahanya, namun Allah SWT tetap yang menentukan hasil usaha itu.

Baca Juga: Berpoligami Tak Sekadar Butuh Pemahaman Agama, Tapi Ekstra

Ustaz Dr. Firanda Andirja MA dalam Kelas UFA dikutip pada Selasa (15/12/2020) mengatakan tawakal harus dilakukan seiring sejalan antara doa dan usaha.

Allah SWT berfirman:

Baca Juga: Pahala Memberi Nafkah kepada Keluarga Setara dengan Bersedekah

"Allah yang menjadikan bumi untuk kalian mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan." (QS. Al-Mulk: 15)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Perhatikan bagaimana Allah SWT menggandengkan antara perintah untuk berusaha, dengan pernyataan bahwa segala rezeki adalah milikNya semata.

"Seakan itu adalah isyarat bahwa tawakal yang benar adalah doa yang disertai usaha," tulisnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya