Mendegar Seruan Azan, Ustaz Abdul Somad: Jawab dan Anda Layak Dapat Syafaat

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 330 2327582 mendegar-seruan-azan-ustaz-abdul-somad-jawab-dan-anda-layak-dapat-syafaat-lcaiUvu9Bq.jpg Jawablah seruan azan dan setelahnya bersalawat dan berdoa. (Foto: Telegraph)

JAKARTA – Azan menjadi seruan dan pertanda akan perintah Allah SWT untuk melaksanakan sholat wajib 5 waktu. Menjawab azan akan mendapat amalan baik.

Firman Allah SWT dalam QS. Fushshilat 41: 33 “Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata, “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?”

Baca Juga: Jangan Menyepelekan Keutamaan Membaca Basmalah dan Hamdalah

Hamba-Nya yang memiliki ketakwaan terhadap perintah Allah SWT akan taat pada setiap ajaran yang berlaku pada syariat Islam, salah satunya menjawab azan. Azan menjadi sebuah pertanda hal-hal kebaikan seperti pertanda mendirikan sholat.

“Jika kalian mendengar seruan azan, maka ucapkanlah sebagaimana yang diucapkan muadzin.” (HR. Al-Bukhari, 611. Muslim, 383).

Baca Juga: Ada 3 Musibah yang Tidak Disadari Manusia

Muadzin sebagai orang yang mengumandangkan azan memanggil orang-orang beriman untuk segera melaksanakan perintah tiang agama yaitu mendirikan sholat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Orang-orang yang menjawab seruan azan lalu berdoa, akan mendapat amalan dari Allah SWT. Seperti dijelaskan oleh Ustaz Abdul Somad "Siapa yang menyambut seruan azan, sampai selesai, ditutup dengan doa wasilah. Layak dia mendapaat syafaat," ujarnya melalui akun Instagram @ustadzabdulsomad_officiall pada Senin (14/12/2020).

Amalan pahala besar bagi hamba-Nya yang tanggap setelah adzan berlangsung untuk melakukan perintah sholat. Terlebih, sholat yang dilaksanakan secara berjamaah. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya