Jangan Anggap Remeh Dosa Kecil Bisa Jadi Membesar

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 04:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 330 2328700 jangan-anggap-remeh-dosa-kecil-bisa-jadi-membesar-6dmV7l1wK5.jpg Bermohonlah kepada Allah SWT agar terhindar dari dosa besar dan kecil. (Foto: Adobe Stock)

JAKARTA – Tanpa disadari manusia sering melakukan perbuatan dosa kecil. Meremehkan perkara tersebut dapat menimbulkan dosa besar.

Manusia pada dasarnya diciptakan sebagai makhluk yang tak luput dari kesalahan. Kesalahan yang dapat menimbulkan dosa-dosa kecil bagi hamba-Nya. Meremehkan dosa-dosa kecil dapat menutupi dirinya dari kebenaran yang sesungguhnya.

Baca Juga: Ini yang Terjadi di Alam Barzah, Ada Fitnah Kubur yang Mengerikan

Firman Allah Subhanahu wa ta'ala (SWT) dalam QS. Al-Muthaffifin:14, “Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu telah menutupi hati mereka“

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) bersabda “Berhati-hatilah kalian terhadap dosa kecil, sebab jika ia berkumpul dalam diri seseorang akan dapat membinasakannya.” (HR ahmad dan Thabrani dalam Al Awsath).

Baca Juga: Galau Ambil Keputusan? Sholat Istikharah Jadi Penuntun

Perintah Rasul kepada umatnya untuk senantiasa berwaspada akan bahaya meremehkan dosa kecil. Apa yang ditanam dalam diri seseorang, itulah yang akan dihasilkannya. Membiarkan dosa kecil akan menghasilkan dosa besar yang dapat membawa ke panasnya api nereka.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Bersihkan dirimu dan tinggalkan dari dosa-dosa kecil, itulah ketakwaan yang sesungguhnya. Ustaz Dr. Firanda Andirja, Lc, MA menegaskan "Jangan meremehkan dosa kecil, sesungguhnya gunung berasal dari kumpulan batu-batu yang kecil. (Dosa besar timbul akibat banyaknya dosa kecil)," ujarnya melalui Youtube Taman Surga pada Rabu (16/12/2020).

Adanya setan untuk mengganggu segala ibadah manusia. Keberadaannya sering membuat manusia meremehkan dosa-dosa kecil dan membiarkannya begitu saja. Sebagai umat yang beriman, senantiasa harus mempunyai niatan kuat untuk meninggalkan dosa-dosa kecil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya