Menolong Sesama Akan Diganjar Kemudahan Urusan Dunia dan Akhirat

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 614 2328875 menolong-sesama-balasannya-allah-swt-akan-mudahkan-urusan-di-dunia-dan-akhirat-JHhQpbofEs.jpg Alat kesehatan ini disediakan gratis bagi warga yang membutuhkan oleh sebuah yayasan sunah di Jakarta Selatan. (Foto:Ist)

JAKARTA- Allah Subhana Wata'ala (SWT) memerintahkan hambanya untuk hidup saling menolong. Nah hal itu disebutkan dalam Alquran Surah Al-Maidah ayat 2.

Allah SWT berfirman:

”Dan tolong-menolong lah kamu dalam kebaikan dan ketakwaan. Dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya siksa Allah sangat berat."

Baca Juga: Ini yang Terjadi di Alam Barzah, Ada Fitnah Kubur yang Mengerikan

Sementara, dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dalam masalah utang), maka Allah Azza wa Jalla memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat.

Baca Juga: Galau Ambil Keputusan? Sholat Istikharah Jadi Penuntun

Saat ini perintah tolong-menolong  direpresentasikan dalam aksi kepedulian. Saat ini banyak lembaga atau kelompok kecil warga yang berusaha mengimpelemtasikannya dengan swadaya.

Misalnya saja yang dilakukan Yayasan Amal Sahabat Sunnah (YASS) yang memberikan layanan mengurus dan penggunaan ambulans gratis.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ketua YASS Refinaldhi dalam pesan singkatnya pada Rabu (16/12/2020) mengatakan layanan gratis bukan itu saja. "Tetapi ada juga beberapa alat kesehatan atau alkes yang diperlukan dipinjamkan secara gratis," kata dia.

 Refinaldhi menjelaskan alat kesehatan itu misalnya kursi roda, tabung oksigen, tempat tidur pasien stroke. "Kalau kursi roda sudah sering banyak yang pinjam, akhi," kata dia.

Baca Juga: Karya Syaikh Ali Thantawi Soal Kematian yang Menggetarkan Hati

Begitu juga dengan mobil ambulans untuk orang sakit dan jenazah, kata dia, dipinjamkan secara gratis. "Ini sama sekali sebagai bentuk ketakwaan kami terhadap Allah SWT dan menunaikan sunah-sunah Rasul," sebutnya.

Dibagian akhir dia menyebutkan bila ada yang ingin meminjam alat-alat tadi diperkenankan ke Yayasan Amal Sahabat Sunnah di Jalan Kesehatan VI No 11A Bintaro, Jakarta Selatan. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya