Cara Memberikan Mahkota bagi Orangtua di Hari Kiamat

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 21:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 330 2333031 cara-memberikan-mahkota-bagi-orangtua-di-hari-kiamat-FdQboZlOcq.jpg Anak yang hafal Al- Qur'an akan membawa mahkota untuk orangtuanya saat hari akhir. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bisa memberikan mahkota bagi orangtua di hari kiamat adalah hal yang didambakan bagi anak soleh dan solehah. Namun, untuk bisa mewujudkan impian tidak semudah membalikkan tangan.

Nabi Muhammad SAW

Sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم dari sahabat Mu'adz Al-Juharni radhiyallahu'anhu:

 عَن مُعَاذِنِ الجُهَنِيِ رَضَي اللٌهُ عَنَهُ قَالَ:قَالَ رَسُولُ اللٌه صَلَي اللٌهَ عَلَيهِ وَسَلَمَ مَنَ قَرَأ القُرانَ وَعَمِلَ بِمَافِيهِ اُلُبِسَ وَالِدَاهُ تَاجًا يَومَ القَيِامَةِ ضَووُهَ اَحسَنُ مِنُ ضَوءِ الشٌمسِ فيِ بُيُوُتِ الدٌنَيا فَمَا ظَنٌكُم بِالَذِيُ عَمِلَ بِهذَا (رواه احمد وابو داوود ووصححه الحاكم)

Dari Mu'adz al Juharni berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Barangsiapa membaca Al-Qur'an dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya, maka kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota pada hari Kiamat yang cahayanya lebih terang daripada cahaya matahari seandainya berada di rumah-rumah kalian di dunia ini. Maka bagaimana menurut perkiraan kalian mengenai orang yang mengamalkannya?" (HR Ahmad dan Abu Dawud)

Baca Juga: Menikah Itu Ibadah, kalau Menunda-nunda Begini Efeknya

Syaikh Maulana Zakariyya Al-Kandahlawy dalam Kitab Fadhail Qur'an menjelaskan, berkah dari membaca dan mengamalkan Al-Qur'an adalah orangtua si pembaca akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat yang cahayanya melebihi cahaya matahari seandainya matahari itu berada di dalam rumah kita. Matahari yang jaraknya jauh saja begitu terang sinarnya. Apalagi jika matahari itu berada di dalam rumah, tentu akan lebih terang dan berkilauan.

Baca Juga: Cara Agar Rumah Tangga Bahagia Dunia Akirat, No 5 Patut Diingat

Namun cahaya mahkota bagi orangtua si pembaca Al-Qur'an dan mengamalkan isinya akan lebih terang daripada sinar matahari yang berada di dalam rumah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Jika orangtua si pembaca Al-Qur'an saja akan mendapatkan pahala demikian tinggi, maka tidak dapat kita bayangkan besarnya pahala bagi si pembacanya itu sendiri?

Imam Hakim meriwayatkan dari Buraidah bahwa Nabi bersabda: "Barangsiapa yang membaca Al-Qur'an dan mengamalkannya, maka akan dipakaikan kepadanya sebuah mahkota yang terbuat dari Nur (cahaya). Dan kedua orang tuanya akan dipakaikan dua pasang pakaian yang sangat indah tiada bandingnya di dunia ini. Orang tuanya akan bertanya kepada Allah, "Ya Allah, mengapa kami diperlakukan seperti ini?" Allah menjawab, "Ini adalah pahala bacaan Al-Qur'an anakmu." (Rusman H Siregar)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya