Bukti Adanya Toleransi, Masjid Awal Berusia 93 Tahun di Simalungun

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 614 2335609 bukti-adanya-toleransi-masjid-awal-berusia-93-tahun-di-simalungun-JkMxmlY0mX.jpg Masjid Awal di Simalungun sudah berusia 93 tahun. (Foto: Ricky F Hutapea/SINDOnews)

SIMALUNGUN- Masjid Awal bisa menjadi bukti toleransi antar umat beragama di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, sejak masa kolonial Belanda hingga saat ini.

Masjid Awal terletak di Desa Dame Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun. Masjid yang terletak di pinggir Jalan Raya-Pematangsiantar didirikan di masa penjajahan Belanda pada 1927 atau sudah berusia sekitar 93 tahun.

Baca Juga: Manfaat Membantu Saudara, Ustaz Firanda: Di Hari Kiamat Akan Banyak Keajaiban

Menariknya masjid ini berada di pemukiman yang warga mayoritas non-Muslim. Namun, masjid ini justru terus berkembang dan bangunannya terus mengalami renovasi meskipun dengan swadaya masyarakat atau jamaah.

Di masa kolonial Belanda, Masjid Awal yang dibangun atas inisiatif Wilson Saragih yang memeluk agama Islam setelah menikah dengan Saimah Boru Purba, pernah dibakar tentara Belanda.

Meski sejauh ini tidak dapat dipastikan, namun diperkirkan Masjid Awal merupakan mesjid tertua di Kabupaten Simalungun, Warga sekitar menyebutkan merupakan salah satu mesjid tertua di Simalungun dan menjadi pusat penyebaran agama Islam di Kecamatan Raya.

Baca Juga:  Saat Hari Kiamat, Ada 4 Golongan Manusia yang Minta Ditangguhkan Perkaranya

Pengurus Masjid Awal, Uliaman Saragih, menceritakan, pendirian masjid di tanah seluas ratusan meter persegi atas insisiatif ayahnya, almarhum Wilson Saragih yang memeluk agama Islam setelah menikah dengan ibunya Saimah Purba.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya