Keutamaan Hari Kamis, Semua Amal Manusia Dicatat dan Pintu Surga Terbuka

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 330 2340545 keutamaan-hari-kamis-semua-amal-manusia-dicatat-dan-pintu-surga-terbuka-v18kqhjUAb.jpg Semua amalan dilaporkan kepada Allah SWT pada Hari Kamis. (Foto:Freepix)

JAKARTA- Hari Kamis dalam Islam merupakan hari di mana amal-amal manusia dicatat dan pintu-pintu surga dibuka.

Jadi hari Kamis menjadi salah satu waktu istimewa bagi Muslim untuk memohon dan berdoa kepada Allah agar dicukupkan harta dan menjadi orang yang pandai bersyukur.

Dalam salah satu hadis Nabi riwayat Imam Muslim disebutkan:

“Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim)

Keutamaan Hari Kamis lainnya adalah merupakan hati dibukanya pintu-pintu surga.

Baca Juga: Otoritas Arab Saudi Minta Jamaah Umrah dan Haji Vaksinasi Covid-19 Sebelum Berangkat

Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. (HR. Muslim) Karena itu, Muslim dianjurkan untuk banyak melakukan amal ibadah di hari Kamis, salah satunya dengan memanjatkan doa. Berikut doa hari Kamis yang dipanjatkan Siti Fatimah Az Zahra putri Rasulullah SAW:

Agar makin sempurna keutamaan yang kita peroleh, sebaiknya membaca doa yang sering dibaca Siti Fatimah pada Hari Kamis. Berikut doanya:

Ya Allah, aku memohon petunjuk pada-Mu dan kehormatan dan kekayaan serta beramal sesuai dengan apa yang Engkau cintai dan ridhai. Ya Allah, aku memohon kekuatan dari-Mu karena kelemahan kami, kekayaan dari-Mu karena kefakiran dan kepapaan kami, dan kearifan dan ilmu dari-Mu karena kejahilan kami. Ya Allah, sampaikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad Saw dan keluarganya dan bantulah kami supaya dapat bersyukur dan berzikir pada-Mu, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain berdoa, amalan lain yang bisa dilakukan Muslim untuk menambah catatan baik amala ibadahnya yakni dengan melaksanakan puasa sunnah Kamis. Sebagaimana disebutkan dalam riwayat Usamah bin Zaid.

“Aku berkata pada Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.”

Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai). Wallahu A'lam. (Kastolani Marzuki)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran
Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini