Apa Hubungannya Yayasan YKPK dengan Pil Koplo, Ini Kata Gus Dur

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 04:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 614 2345103 apa-hubungannya-yayasan-ykpp-dengan-pil-koplo-ini-kata-gus-dur-vv6FXAGygU.jpg Almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. (Foto: [email protected]_dur_fans))

JAKARTA – Almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pernah berseloroh soal hubungan antara Yayasan Keluarga Persaudaraan Kebangsaan (YKPK) dengan Pil Koplo.

Ger-geran Gus Dur ini ditulis kembali oleh Hamid Basyaib dan dirangkum dalam sebuah buku "Ger-geran bersama Gus Dur: Edisi Spesial Mengenang Gus Dur" dikutip pada Sabtu (16/1/2021).

Dalam suatu pertemuan, muncul suatu sebuah pertanyaan apa hubungannya YKPK dan pil koplo. Secara formal dua hal itu tidak ada hubungannya, tetapi Gus Dur memiliki ide untuk menghubungkannya.

Dalam pemberitaan pers, isu pil koplo dan kemunculan YKPK tampil hampir bersamaan. Jenis narkoba murah itu sedang ramai diberitakan, sehubungan banyaknya penggunanya oleh para remaja, terutama di sejumlah daerah.

Baca Juga: Mencari Rezeki Itu Ibadah, Tapi Jangan Lalaikan Sholat Tepat Waktu saat Jam Kerja

Sementara itu, kehadiran YKPK dideklarasikan. Yayasan ini adalah tempat berhimpunnya sejumlah orang yang selama ini dikenal sebagai aktivis politik nasionalis, guna mengimbangi bermunculannya organisasi-organisasi bernuansa keagamaan, yang mereka pandang bisa meretakkan ikatan kebangsaan.

Begitulah, pada bulan-bulan pertama roda reformasi menggelinding, YKPK didirikan, oleh orang-orang seperti Jenderal (Pur) Edi Sudrajat, Siswono Yudohusodo, Sarwono Kusumaatmadja, Letjen (Pur) Kemal Idris, dan lain-lain. (Vitri)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebagai ketua, terpilih Letjen (Pur) Bambang Triantoro, yang pernah lama menjadi Sekjen Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Sekjen YKPK adalah Matori Abdul Djalil.

Dalam salah satu pertemuan awalnya, YKPK mengundang Gus Dur, sebagai tokoh Islam dan disegani, sekaligus dikenal sangar mendukung garis nasionalis.

Gus Dur termasuk yang diminta menyampaikan sambutan dalam pertemuan itu. Dalam sambutannya, dia menyatakan gembira dengan pembentukan yayasan bergaris kebangsaan ini. Tapi, katanya, YKPK itu bisa juga berarti "Yayasan Korban Pil Koplo..." 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini