Mencari Rezeki Itu Ibadah, Tapi Jangan Lalaikan Sholat Tepat Waktu saat Jam Kerja

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 330 2343046 mencari-rezeki-itu-ibadah-tapi-jangan-lalaikan-sholat-tepat-waktu-saat-jam-kerja-HM9PwF2jFR.jpg Bekerja mencari rezeki itu ibadah, maka itu biasakan sholat diawal waktu. (Foto:Freepix)

JAKARTA- Ingatlah tujuan mencari rezeki adalah untuk beribadah kepada-Nya. Sehingga jangan sampai saat menuntut dan mencari rezeki justru lalai dari ibadah.

Mencari rezeki dengan bekerja adalah perbuatan ibadah dan memang sepatutnya bekerja diniatkan sebagai ibadah.

Namun Ustaz Abu Ammar Al-Ghoyami dalam akun Instagramnya fikihmuamalatkontemporer dikutip pada Selasa (12/1/2021) mengingatkan Dalam mencari nafkah hendaknya didasari dengan kaidah yang benar. Kaidah-kaidah tersebut antara lain:

Baca Juga: Berbahaya Jika Suami Tidak Punya Sifat Dayyuts

1. Yakinlah bahwa rezeki itu di tangan Allah ‘Azza wa Jalla.

2. Kemudian raihlah rezeki dengan beribadah, bertakwa, berdoa dan tawakkal serta berbaik sangka kepada-Nya ‘Azza wa Jalla. Caranya, hendaknya rezeki itu diperoleh dengan cara yang Dia ridhai.

3. Ingatlah bahwa tujuan kita mencari rezeki adalah untuk beribadah kepada-Nya, sehingga jangan sampai saat menuntut rezeki justru lalai dari ibadah.

4. Jangan tertipu pihak yang berpegang prinsip menghalalkan segala cara asalkan hasilnya banyak. Sistem ini hanyalah sistem hewani (Al-Quran surat Muhammad ayat 12).

5. Bila mendapatkan rezeki, ridhalah dan qanaah-lah atas pemberian-Nya Subhanahu wa Ta’ala. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini