Rasulullah Anjurkan Konsumsi Zaitun dan Ikan, Amerika Serikat Mendukung

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 17 614 2345879 rasulullah-anjurkan-konsumsi-zaitun-dan-ikan-amerika-serikat-mendukung-dgZO6wSeVs.jpg Minyak Zaitun bisa digunakan untuk kesehatan. (Foto:Freepik)

JAKARTA – Mengonsumsi minyak zaitun dan ikan akan berdampak baik untuk kesehatan tubuh. Tubuh akan terlindungi dari kolestrol dan peningkatan lemak darah karena mengonsumsinya.

Hal ini pun sudah disampaikan Rasulullah SAW ribuan tahun yang lalu. Sementara Organiasasi Kesehatan Amerika juga mengajurkan untuk mengonsumsi minyak zaitun karena berkhasiat dalam menurunkan kolestrol.

Sabda Rasulullah SAW:

"Makanlah zaitun dan lumurilah dirimu dengannya, karena ia berasal dari pohon yang diberkahi." (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Zaitun adalah pohon yang Allah sebutkan dalam Al-Quran, yaitu dalam firman-Nya.

Baca Juga: Terlalu Cinta Dunia? Ingat Ali Imran Ayat 185: Setiap yang bernyawa Pasti Merasakan Kematian

"Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah adalah seperti sebuah lubang yang tak di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam Supd snqua kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dart pohon yang berkati, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di scbelah timur sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya)." (QS. An-Nur: 35).

Tak hanya mengonsumsi minyak zaitun, mengonsumsi ikan pun juga memiliki berbagai khasiat. Pakar gizi dan dokter jantung juga menganjurkan agar dalam satu minggu kita mengonsumsi paling sedikit dua porsi ikan.

Rasulullah telah menyinggung masalah ikan ini, beliau bersabda, "Makanan pertama ahli surga adalah minyak hati ikan paus." (HR. Muslim).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ikan paus juga termasuk kategori ikan. Minyak ikan yang dianjurkan oleh para dokter adalah untuk mencegah peningkatan gliserida (salah satu lemak darah), dan minyak ikan ini diambil dari hati ikan paus.

Mengonsumsi ikan tidak saja berguna untuk mencegah penyakit arteri jantung dan peningkatan lemak darah, melainkan juga dapat mengobati migrain, sakit persendian, dan lain sebagainya.

Dikutip dari buku berjudul Buku Pintar Sains dalam Al-Qur'an Oleh Nadiah Thayyarah, Ahad (15/1/2021), Organiasasi Kesehatan Amerika menganjurkan untuk mengonsumsi minyak zaitun karena berkhasiat dalam menurunkan kolestrol.

Riset ilmiah juga menyimpulkan bahwa penduduk negara-negara di pesisir Laut Tengah adalah orang-orang yang jarang terkena serangan jantung karena mereka sering mengonsumsi minyak zaitun. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya