Terlalu Cinta Dunia? Ingat Ali Imran Ayat 185: Setiap yang bernyawa Pasti Merasakan Kematian

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 330 2345165 terlalu-cinta-dunia-ingat-ali-imran-ayat-185-setiap-yang-bernyawa-pasti-merasakan-kematian-crzAcDE9D6.jpg Dunia kampung sementara, akhirat kampung selamanya maka teruslah beribadah. (Foto:Freepix)

JAKARTA- Berapa banyak manusia yang hidupnya begitu mencintai dunia dan takut mati. Padahal setiap yang bernyawa pasti akan mengalami kematian.

Hidupnya hanya mengejar dunia dan dunia. Sementara lalai dengan janji Allah Ta'ala bahwa ada kehidupan lagi setelah kematian.

Allah SWT berfirman dalam surah Ali Imran ayat 185 berbunyi:

 كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

“Kullu nafsin dzaiqatul maut. Wa innama tuwaffauna ujurakum yaumal-qiyamati faman zuhziha ani-nari wa udkhilal-jannata faqad faaza. Wa mal hayatuddunya illa mata’ul-ghurur,”.

Baca Juga: Aa Gym: Almarhum Syekh Ali Jaber Terang Bersih Mukanya dan Senyum, Senyum Banget

Yang artinya: “Setiap yang bernyawa pasti merasakan kematian. Dan sesungguhnya kalian akan dibayar dengan balasan penuh di hari kebangkitan. Maka barangsiapa yang telah dikeluarkan dari api neraka dan diizinkan untuk masuk surga, sungguh dia sangat beruntung. Dan kehidupan dunia ini tidak lain adalah suatu tipuan,”

Bahkan soal kematin Ustaz Dr Firanda Andirja MA dalam Kelas UFA dikutip pada Jumat (15/1/2021) mengingatkan sebagai berikut;

Jangan kau berkata, aku masih muda.

Jangan kau berkata, aku masih muda, aku kaya raya, aku sehat, aku kuat, aku pejabat, aku panglima.

Karena jika malaikat maut datang maka dia tidak pandang bulu!

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Bahkan Allah Ta'ala berfirman:

"Sesungguhnya aku yakin bahwa (suatu saat) aku akan menerima perhitungan terhadap diriku. (QS. Al-Haqqah: 20)

Ucapan di atas adalah ucapan mereka yang berbangga dan berbahagia di akhirat, ketika mendapatkan catatan amalnya melalui tangan kanannya.

Dari sini kita belajar, bahwa salah satu kiat untuk meraih kebahagiaan di Akhirat, adalah meyakini sepenuhnya bahwa kita akan bertemu dengan Yaumul Hisab atau hari perhitungan, dan bahwa setiap kita akan dimintai pertanggungjawaban akan catatan amal kita.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini