2 Ciri Orang yang Bangkrut di Akhirat karena Hal Sepele

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 330 2348567 2-ciri-orang-yang-bangkrut-di-akhirat-karena-hal-sepele-gSyUs0c1ll.jpg KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. (Foto:Okezone)

JAKARTA- KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym kembali mengingatkan agar mampu menjaga perbuatan dan ucapan sehingga tak menjadi orang yang bangkrut di akhirat kelak. Apa maksudnya orang yang bangkrut di akhirat?

Dalam akun [email protected] dikutip pada Jumat (22/1/2021) disebutkannya; Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam, bertanya kepada para sahabat, "Apakah kalian tahu siapa orang yang bangkrut?"

Para sahabat menjawab, "Orang yang bangkrut di antara kami ialah orang yang tidak punya dirham (uang) dan tidak punya harta."

Beliau kemudian bersabda:

Baca Juga: Ada Jin Laki-Laki dan Perempuan, Baca Doa Ini untuk Perlindungan

“Sesungguhnya orang yang bangkrut di antara umatku ialah orang yang datang pada hari Kiamat dengan membawa pahala shalat, shaum, dan zakat.

Akan tetapi sungguh, dia telah memaki seseorang, menuduh orang lain, makan harta yang bukan haknya, membunuh dan memukul orang lain.

Maka diambillah kebaikannya, kemudian diberikan kepada orang lain (yang pernah dia sakiti) dan kepada orang lainnya (yang pernah didzalimi). Jika telah habis seluruh kebaikannya, sebelum diadili, maka diambil-alihlah dosa-dosa yang dizalimi dan diserahkan kepadanya sebagai ganti. Kemudian, dia diseret ke dalam api neraka.” (HR. Muslim)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Sahabatku, mari kita hargai dan manfaatkan anugerah waktu sebaik mungkin. Pastikan tiada hari berlalu, kecuali ada kebaikan yang kita lakukan di dalamnya," ujarnya.

Mohonlah kepada Allah Ta'ala agar Dia memberi kita kekuatan untuk bisa mengawasi diri, agar senantiasa hanya melakukan sesuatu yang baik dan terbaik, ikhlas Lillahi Ta'ala. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya