Berawal dari Iblis, Ini Ciri-Ciri Orang Sombong

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 330 2350516 berawal-dari-iblis-ini-ciri-ciri-orang-sombong-6UfQej38ce.jpg Sifat sombong berawal dari sifat iblis. (Foto:Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA- Apa arti sombong dalam Islam dan bagaimana ciri-ciri orang sombong? Sifat sombong adalah penyakit hati yang menghancurkan manusia.

Ustad Muhammad Abduh Tuasikal menyebutkan ada beberapa faedah ilmu yang disampaikan Ibnu Taimiyah rahimahullah tentang bahaya hasad (dengki) dan kibr atau sombong.

Sombong dan hasad (dengki) adalah dua penyakit yang telah menghancurkan orang terdahulu dan belakangan. Keduanya adalah dosa yang amat besar yang ada dahulu.

Sifat kibr atau sombong berawal dari Iblis sedangkan sifat hasad berasal dari Adam.

Baca Juga: Apa Itu Syirik Akbar dan Syirik Asgar, Simak Penjelasannya

Begitu pula anak Adam yang membunuh saudaranya. Ia membunuhnya karena hasad pada saudaranya.

"Karenanya, sifat sombong menafikan Islam (sikap tunduk patuh pada Allah). Sebagaimana pula syirk menafikan Islam," ujarnya dikutip pada Senin (25/1/2021) dari laman Rumasyo.

Barangsiapa yang tunduk patuh pada Allah, juga pada selain-Nya, maka dia termasuk musyrik pada Allah (karena dia telah menduakan Allah). 

Barangsiapa yang tidak tunduk patuh pada Allah, maka dialah orang yang kibr (sombong). Inilah sebagaimana keadaan Fir’aun dan pengikutnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Barang siapa yang tunduk patuh pada Allah di jalan yang hanif (lurus), maka dia adalah yang sebenar-benarnya muslim (orang yang tunduk patuh).

Dialah yang sebenarnya menjadi pengikut Ibrahim sebagaimana Allah firmankan:

“Ketika Rabbnya berfirman kepadanya: “Tunduk patuhlah!” Ibrahim menjawab: “Aku tunduk patuh kepada Rabb semesta alam.” (QS. Al Baqarah: 131)[1]

Sementara ciri -ciri orang sombong mudah ditemui, yakni

1. Menghargai diri sendiri secara berlebihan

2. Selalu menolak kebenaran

3. Bersikap kasar

4. Tidak mampu menjaga hubungan

5. Tidak suka diberi nasihat kebaikan. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini