Tak Ada Rumah Tangga Tanpa Masalah, Begini Cara Menghadapinya

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 330 2357299 tak-ada-rumah-tangga-tanpa-masalah-begini-cara-menghadapinya-bP6ZIWvHYx.jpg Dalam rumah tangga selalu ada masalah. (Foto:Freepik)

JAKARTA - Ada masalah rumah tangga? Semua pasangan suami istri di manapun mengalaminya walaupun sekecil apapun problem itu.

Niat awal menikah semua pasangan suami istri berharap keluarga damai, tentram, berkecukupan dan adem-ayem. Namun, kadang keingingan ini tidak sesuai dengan faktanya.

Masalah yang kecil maupun yang besar pasti mewarnai bahtera yang dikayuh atas nama cinta itu.

Baca Juga: Khabib Nurmagomedov: Miliki Seisi Dunia, Anda Akan Tetap Mati

Syarif Hade Masyah pun memberi nasihat akan soal ini. Dalam bukunya"Lewati Musibah Raih Kebahagiaan", dikutip Sabtu (6/2/2021) menyebutkan, pasangan suami istri yang tidak bisa mengelola permasalahan dengan baik akan menjadi kebencian. Membuat fondasi-fondasi yang dibangun dalam rumah tangga menjadi hancur.

Untuk mengatasi masalah-masalah dibutuhkan kedewasaan dan kearifan luar biasa agar masalah yang muncul justru menjadi perekat rumah tangga. Karena, bila tidak ada kedewasaan dan kearifan di sana, tentu perceraian yang tidak diinginkan dapat terjadi.

Baca Juga: Ekslusif Liputan dari Makkah: Syahdunya Ibadah di Masjidil Haram Ditemani Rintik Hujan

Nasihat Nabi Muhammad SAW berikut patut menjadi panduan bersikap dalam menyelesaikan masalah rumah tangga. Kata Nabi, seorang yang beriman tidak boleh membenci pasangannya.

Jika ada perilaku yang tidak disukai, maka sukai perilakunya yang lain. Nasihat Nabi mengandung makna yang dalam, karena memang benar tidak semua yang ada pada pasangan kita itu jelek.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Jangan sampai kita memutuskan tidak menyukai pasangan, hanya lantaran ada sebagian perilakunya yang kurang cocok dengan kepribadian kita sendiri.

Kecuali, bila itu memang suatu kesalahan yang fatal, yang tidak dibenarkan dalam kehidupan berumah tangga baik secara norma sosial maupun agama. Seperti kekerasan fisik dan psikis yang berlebihan atau perselingkuhan. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya