3 Alasan Mengapa Umat Muslim Perlu Mengungkap Sains dalam Al-Qur'an

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2021 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 330 2357342 3-alasan-mengapa-umat-muslim-perlu-mengungkap-sains-dalam-al-qur-an-Iwi5b579U5.jpg Bacalah Al-Qur'an dan pahami isinya. (Foto:Freepik)

JAKARTA - Keluasan pengetahuan Allah Ta'ala mencakup seluruh muka bumi dan kehidupan akhirat bisa diketahui dengan baca Al-Qur'an dan memahami isinya. 

Begitu luas pengetahuan Allah Ta'ala sejatinya dapat diketahui dalam Al-Qur'an atau dalam kehidupan sehari-hari secara tidak sadar.

Firman Allah Ta'ala:

"Wahai Tuhan kamis, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu." (QS. Ghafir: 7)

Dia juga mengabarkan tentang pengetahuan-Nya yang luas, termasuk terhadap yang kita lakukan secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi.

Baca Juga: Khabib Nurmagomedov: Miliki Seisi Dunia, Anda Akan Tetap Mati

"Dan Allah mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu lahirkan." (QS. An-Nahl; 19).

Prof. Dr. Umar Sulaiman al-Asyqar mengungkap hal itu dalam bukunya berjudul "Al-Asma al-Husna" dikutip pada Sabtu (6/2/2021).

Prof. Dr. Umar Sulaiman al-Asyqar menuliskan bahwa firman Allah yang menjelaskan tentang pengetahuan-Nya yang meliputi segala sesuatu itu, bertujuan seperti berikut:

Baca Juga: UAS Pasangan Foto Unik, Netizen: Ini Foto Hoax Atau Bukan Ya?

1. Menanamkan di Hati Rasa Takut dan Rasa Untuk Selalu Mendekatkan Diri

Bila seorang hamba mengimani bahwa Allah mengtahui dirinya, melihat kepadanya, tak ada apapun di muka bumi maupun di langit yang bisa menutupinya, dan mengetahui apa yang disembunyikan maupun yang dilahirkan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Maka itu akan mendorongya untuk beristiqamah mematuhi perintah Allah dan menjauhi kemaksiatan. Berdasarkan penjelasan Rasulullah, "...beribadahlah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika tidak melihat-Nya, maka Dialah Yang Melihatmu."

2. Memantapkan Hati Orang-orang Mukmin untuk Memerangi Musuh

Allah Maha Mengetahui tipu daya musuh-musuhNya, konspirasi terhadap para wali-Nya, dan semua ucapan dan tindakan. Semangat seperti ini, yang jadi pemantapan bagi kaum mukmin di medan peperangan.

Pengetahuan manusia itu tidak bisa mendeteksi tipu daya orang-orang yang berdosa dan konspirasi orang kafir. Hanya Tuhan Maha Mengetahui semuanya, pengetahuan Allah tentang musuh inilah yang membuat orang-orang beriman merasa tenang dan tambah semangat, untuk menghadapi musuh tanpa takut.

3. Memberikan Ketenangan kepada Orang Mukmin

Allah memberitahukan bahwa syariat-Nya didasarkan atas pengetahuan-Nya terhadap kita. Dia meringankan, ketika Dia tahu bahwa kita tidak mampu.

Dia memberikan beban yang berat karena tahu bahwa kita mampu dan dalam keadaan seperti itu terdapat kebaikan kita. Dia juga memerintahkan kita untuk melakukan segala yang menentang hawa nafsu. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya