Jangan Tinggalkan Puasa Ramadhan Bakal Begini Akibatnya

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 330 2367033 jangan-tinggalkan-puasa-ramadhan-bakal-begini-akibatnya-bklJCL5kSl.jpg Puasa bulan Ramadhan. (Foto:Freepik)

JAKARTA - Puasa Ramadhan adalah bagian dari rukun Islam, sehingga seseorang bisa jadi kafir jika mengingkari wajibnya hal ini.

Puasa dalam bahasa Arab disebut dengan “shaum”. Shaum secara bahasa bermakna imsak (menahan diri) dari makan, minum, berbicara, nikah dan berjalan.

Baca Juga: 4 Keutamaan Bulan Ramadhan, Maksimalkan untuk Beribadah dan Beramal Saleh

Sedangkan secara istilah shaum bermakna menahan diri dari segala pembatal dengan tata cara yang khusus.

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal dalam bukunya "Ringkasan Panduan Ramadhan, Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah" dikutip pada Selasa (23/2/2021) menyebutkan, puasa Ramadhan itu wajib bagi setiap muslim yang baligh (dewasa), berakal, dalam keadaan sehat, dan dalam keadaan mukim (tidak melakukan safar/ perjalanan jauh).

Yang menunjukkan bahwa puasa Ramadhan itu wajib adalah dalil Al-Qur’an, As Sunnah bahkan kesepakatan para ulama (ijma’ ulama)

Baca Juga: Muhammadiyah Tetapkan Puasa Ramadhan 13 April, Lebaran 13 Mei

Di antara dalil dari Al Qur’an adalah firman Allah Ta’ala:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah : 183)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dalil dari As Sunnah adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada ilah (sesembahan) yang berhak disembah melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya; menegakkan shalat; menunaikan zakat; menunaikan haji; dan berpuasa di bulan Ramadhan.”

Wajibnya puasa ini juga sudah ma’lum minnad dini bidhoruroh yaitu secara pasti sudah diketahui wajibnya karena puasa adalah bagian dari rukun Islam. Sehingga seseorang bisa jadi kafir jika mengingkari wajibnya hal ini. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini