Kenali Dunia dari Sifat Air Membuat Hidup Tak Tersesat

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Sabtu 06 Maret 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 06 330 2373357 kenali-dunia-dari-sifat-air-membuat-hidup-tak-tersesat-UJYWgOVWMs.jpg Kenali dunia dari sifat air. (Foto: Okezone/Dok)

JAKARTA - Kenali dunia dari sifat air menjadi salah satu cara mengetahui dunia dan tak tersesat dalam hidup. Orang tersesat dalam sebuah perjalanan, biasanya adalah karena ketidaktahuan dia akan jalan yang seharusnya ditempuh. Sudah tidak tahu, masih malu pula untuk bertanya.

Perjalanan panjang manusia dalam mengarungi kehidupan dunia ini, juga berpotensi besar untuk membuat mereka tersesat, hingga kehilangan arah hidup.

Pengasuh Pondok Pesantren Tunas Ilmu Kedungwuluh Purbalingga, Ustaz Abdullah Zaen, Lc., MA dalam suatu tulisannya dikutip pada Sabtu (6/3/2021) menyebutkan, salah satu pemicu terbesarnya tersesat adalah karena tidak mengerti hakikat dunia yang dia tinggali ini.

Baca Juga: Ketika Jenazah Bisa Bicara, Apa yang Disampaikan?

Tentu yang paling memahami hakikat dunia ini adalah Sang Pencipta dunia, yakni Allah Ta’ala. Maka simaklah dengan baik keterangan yang disampaikan oleh-Nya.

Allah ‘azza wa jalla berfirman:

"وَاضْرِبْ لَهُمْ مَثَلَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا كَمَاءٍ أَنْزَلْنَاهُ مِنَ السَّمَاءِ"

Baca Juga: Terpuji, Aminudin Ajari Sesama Tahanan Mengaji di Sel Polsek Sukolilo

Artinya: “Berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia itu bagaikan air yang Kami turunkan dari langit”. QS. Al-Kahfi (18): 45.

Al-Qur’an dipenuhi dengan analogi dan permisalan. Kali ini kita akan mengambil pelajaran dari analogi Al-Qur’an yang memperumpamakan dunia dengan air.

Ada apa di balik perumpamaan tersebut? Orang bijak menjelaskan kemiripan antara kehidupan dunia dengan air dalam empat poin, sebagaimana dinukil dalam Tafsîr al-Qurthubiy (XIII/289):

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Pertama: Air tidak berada di satu tempat saja. Begitupula dunia, tidak pernah menetap dalam satu kondisi. Kondisi kehidupan dunia selalu berubah dan berbolak-balik. Kadang kita senang, kadang susah. Kadang sehat, kadang pula sakit. Kadang kita kaya, dan kadang miskin.

Kedua: Air itu mengalir lalu menghilang dan habis. Begitulah dunia yang fana dan akan segera sirna. Tidak ada yang kekal di dunia ini. Jabatan, kekayaan dan keluarga, sebanyak dan setinggi apapun, ada saatnya akan lenyap.

Ketiga: Setiap orang yang masuk ke dalam air pasti akan basah. Begitupula orang yang tinggal di dunia, pasti akan terkena ujian dan masalah-masalah dunia. Allah mengingatkan,

Artinya: “Kami (Allah) pasti akan menguji kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa juga buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar”. QS. Al-Baqarah (2): 155.

Keempat: Air dengan kadar tertentu akan bermanfaat. Namun jika berlebihan akan berbahaya dan bisa membinasakan. Begitulah dunia, jika kita merasa berkecukupan maka akan bermanfaat. Namun jika kita rakus dan selalu ingin lebih; maka akan sangat membahayakan.

"Itulah hakikat kehidupan dunia. Mari kita memahaminya dengan baik, agar kita bisa sukses dalam mengarunginya insyaAllah," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya