Bulan Ramadhan, Bayangkan Jika Tidak Ada Bagaimana Cara Manusia Melebur Dosa?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 330 2390862 bulan-ramadhan-bayangkan-jika-tidak-ada-bagaimana-cara-manusia-melebur-dosa-WlAOaKQaLR.jpg Puasa bulan Ramadhan. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Bulan Ramadhan adalah salah satu bukti bahwa Allah Ta'ala sangat menyayangi dan mengasihi hamba-Nya. Bagaimana jika tidak ada bulan Ramadhan, bagaimana cara umat melebur dosa-dosanya yang sudah begitu menebal.

Maka bulan Ramadhan-lah saat manusia mendapat ampunan dan terlahir seperti bayi tanpa dosa pada saat Hari Raya Idul Fitri.

Pada bulan Ramadhan Allah SWT berkenan menurunkan berbagai nikmat dan anugerah, mulai dari diturunkannya Al-Quran, malam kemuliaan (Lailatul Qadr), pahala kebaikan yang berlipat ganda, hingga limpahan ampunan.

Baca Juga: Sidang Isbat Awal Ramadhan Digelar 12 April 2021

Semua itu sesungguhnya merupakan manifestasi dari kasih sayang Allah. Firman Allah: “Kasih sayang-Ku melingkupi segala yang ada” (Al-A’raf: 156).

“Coba kita bayangkan kalau tidak ada bulan Ramadhan. Kapan kita bisa menghapus dosa-dosa kita, tanpa kita meminta kepada Allah untuk dihapus. Kalau di bulan selain Ramadan, kita harus mengerjakan serangkaian taubat, istighfar, dan lain sebagainya,” kata anggota Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Okrizal Eka Putra dikutip dari Laman Muhammadiyah pada Rabu (07/04/2021).

Banyaknya limpahan pahala pada bulan mulia ini seharusnya menjadi kesempatan bagi segenap kaum muslimin untuk menumpuk bekal nanti di akhirat. Perjalanan di akhirat begitu panjang, sementara di dunia begitu singkat. Karenanya, Okrizal mengajak agar memanfaatkan momentum bulan puasa ini.

Baca Juga: Arab Saudi Izinkan Umrah Ramadhan, KJRI: Belum Bisa untuk Indonesia

“Perjalanan di akhirat itu maha panjang. Sedangkan hidup kita di dunia begitu pendek. Berapa waktu kita untuk beribadah? Itu belum tentu diterima oleh Allah ibadah kita. Bekal kita itu harus banyak. Makanya Ramadan harus belomba-lomba mengumpulkan amal kebaikan,” terang Okrizal.

Ramadhan inilah masanya kita tidak saja mencari rahmat dan keberkahan, tetapi juga ampunan Allah Swt. Seperti sabda Rasulullah: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR.Bukhari dan Muslim).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

“Di situlah pentingnya kita tahu bulan suci Ramadhan. Dan ini cinta Allah kepada kita, benar-benar Allah mencintai hamba-Nya, dibikinkanlah kita satu bulan untuk menghapus dosa kita, dan juga untuk menumpuk amal kebaikan sebagai bekal di akhirat kelak,” imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya