Doa Buka Puasa Ramadhan Dicontohkan Rasulullah Ini yang Paling Afdal

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Minggu 11 April 2021 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 330 2392623 doa-buka-puasa-ramadhan-dicontohkan-rasulullah-ini-yang-paling-afdal-l7JbPBGb8p.jpg Doa buka puasa Ramadhan. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Doa buka puasa Ramadhan sudah dicontohkan Rasulullah SAW maka sudah sepatutnya apa yang dilakukannya menjadi salah satu panduan menjalankan ibadah puasa Ramadhan

Doa yang diajarkan Rasulullah ini dapat diucapkan saat puasa Ramadhan ataupun puasa Senin Kamis dan puasa sunah lainnya karena hadisnya adalah mutlak untuk setiap puasa.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad: Jangan Dekati Banteng dari Depan, Jangan Dekati Orang Dungu dari Arah Manapun Juga

Adapun doa yang ajarkan Rasullulah SAW adalah: 

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dzahabzh zhoma-u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (Dahaga telah hilang, urat-urat telah basah, dan moga ditetapkan pahala insya Allah).

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal mengatakan inilah hadits yang shahih yang patut diamalkan. Sementara do’a “allahumma laka shumtu …” tidaklah sahih karena perawinya matruk (pendusta)

Dia juga menyebutkan dari laman Rumasyo dikutip pada Ahad (11/4/2021), jika dikatakan bahwa waktu berbuka puasa adalah waktu mustajabnya doa, maka jangan tinggalkan sunnah ini untuk memohon setiap hajat, hajat apa pun itu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya