Waktu Sholat Tahajud Terbagi Tiga Kelompok, Nomor 3 Paling Diutamakan

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 330 2393921 waktu-sholat-tahajud-terbagi-tiga-kelompok-nomor-3-paling-diutamakan-sBnDOPOS7f.jpg Sholat Tahajud banyak kemuliaan di dalamnya. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Waktu Sholat Tahajud adalah saat yang paling terbaik bermunajat, memohon, merendahkan diri hingga serendah-rendahnya di hadapan Allah Ta'ala.

Saat itu menunjukkan bahwa manusia itu tiada artinya di hadapan Sang Pencipta. Jabatan, harta, kekuasaan tiada artinya di hadapan Allah Ta'ala

Namun saat melaksanakan Sholat Tahajud ada waktu-waktunya. Setidaknya ada tiga waktu seperti dijelaskan Ustaz Mohammad Teguh Budiman selaku ketua pelaksana harian Yayasan Islam Al Aliim Bandung kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Waktu Sholat Subuh hingga Isya, dari Matahari Terbit hingga Hilangnya Awan Merah

Ia mengatakan, dalam waktu-waktu inilah sholat tahajud dapat dilaksanakan agar ibadahnya semakin afdal. Berikut ketiga waktu tersebut:

1. Awal malam

Sholat tahajud dapat dilakukan dengan syarat sudah melaksanakan Sholat Isya hingga sekira pukul 23.00. Maka seseorang tidak dapat melaksanakan sholat tahajud kecuali sesudah bangun tidur (pada malam hari). Tahajud sendiri artinya bangun tidur di malam hari untuk melaksanakan sholat.

"Dan ketahuilah bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada sholat malamnya." (HR Hakim)

2. Tengah malam

Selepas dari waktu awal malam, selanjutnya adalah waktu tengah malam hingga sekira pukul 02.00. Mengerjakan sholat lima waktu dan menjaganya saja sudah membuat seorang mukmin tinggi derajatnya, apalagi dengan mengerjakan tahajud maka Allah Subhanahu wa ta'ala akan mengangkat derajat orang-orang yang senantiasa melaksanakan sholat tahajud.

"Dan pada sebagian malam, kerjakanlah sholat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS Al Isra: 79)

Baca Juga: 3 Waktu Sholat Dhuha di Bulan Ramadhan, Mana yang paling Afdal?

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Rabb kita turun ke langit bumi tiap malam, ketika malam tinggal sepertiganya dan berseru, 'Siapakah yang mohon doa kepada-Ku maka akan kukabulkan, siapa yang memohon sesuatu kepada-Ku maka akan Kuberikan, dan siapa yang memohon pengampunan dari-Ku akan Kuampuni." (HR Al Jamaah)

3. Akhir malam

Abu Dzar Radhiyallahu anhu bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tentang sholat malam yang paling afdal waktunya. Beliau menjawab, "Akhir tengah malam yang tersisa, tetapi sedikit sekali orang yang mengerjakannya." (HR Ahmad dengan sanad jayyid)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Waktu akhir malam yang dimaksud ini adalah mulai pada pukul 02.00. Ini menjadi waktu yang terbaik melaksanakannya," jelas Ustadz Teguh yang juga merupakan konsultan wakaf ZIS di Yayasan SKeMa Bandung ini.

Di kala malam yang hening seperti inilah membuat Muslimin mampu berkonsentrasi penuh dalam sholat tahajud. Segala permohonan, ampunan, keinginan yang kuat dapat disampaikan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya