Berusia 100 Tahun, Masjid Cipto Mulyo Masih Terawat dan Dipenuhi Jamaah

Tata Rahmanta, Jurnalis · Sabtu 17 April 2021 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 17 614 2396153 berusia-100-tahun-masjid-cipto-mulyo-masih-terawat-dan-dipenuhi-jamaah-NeS8QC1lKY.jpg Masjid Cipto Mulyo. (Foto: Tata Rahmanta)

BOYOLALI - Tidak ada yang aneh dari penampakan Masjid Cipto Mulyo di Desa Pengging, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Terlihat seperti layaknya bangunan masjid lainnya.

Namun siapa sangka, masjid tua ini usianya sudah 1 abad atau 100 tahun, dan hingga kini kondisinya masih utuh terawat.

Masjid ini merupakan peninggalan raja di Keraton Surakarta. Dan hingga kini tak pernah sepi dari jamaah yang datang untuk beribadah, terlebih saat bulan ramadhan. Meski sudah mengalami beberapa kali renovasi, namun dari awal dibangun hingga saat ini tidak pernah berubah bentuknya.

Selain namanya yang unik, bangunan Masjid Cipto Mulyo juga menampilkan desain Jawa kuno, yaitu berbentuk limasan dan menyerupai pendopo. Masjid ini memiliki lima pintu utama yang semuanya terletak di bagian depan bangunan masjid. Di atas setiap pintu, diberi ukiran yang disisipkan tulisan "P.B.X" sebagai tanda bahwa masjid itu dibangun pada masa pemerintahannya.

Tidak hanya bedug dan kentongan yang masih asli, namun mimbar khotbah yang berada di dalam masjid sejak zaman dahulu hingga saat ini masih digunakan. Setiap suara adzan berkumandang, para jamaah segera berdatangan untuk beribadah bersama.

Baca Juga: Sersan Mayor Kopassus Durman Teguh Berpuasa di Tengah Desing Peluru Operasi Seroja Timor-Timur

"Suasana yang sejuk membuat masjid ini tak hanya nyaman untuk beribadah, namun juga nyaman untuk beristirahat dan bercengkrama bersama rekan maupun saudara," ujar Himawan, salah seorang pengunjung masjid.

Menurut sejarah berdirinya, masjid ini dibangun oleh Raja Keraton Surakarta yang ke 10, Sri Paduka Pakubuwono Sepuluh (X), pada hari Selasa 24 Jumadil Akhir tahun 1838 Hijriah, atau tepatnya tahun 1905 masehi.

Kini masjid yang diberi nama Masjid Cipto Mulyo , yang berarti menciptakan kemuliaan di dunia dan akhirat, usia telah mencapai 116 tahun. Ketua Takmir Masjid Cipto Mulyo , Ahmadi menjelaskan, nama masjid ini cukup unik karena menggunakan Bahasa Jawa yang berbeda dari kebanyakan masjid yang memakai Bahasa Arab.

Dia juga mengatakan, meski sudah mengalami beberapa kali renovasi, namun bentuk masjid masih asli seperti saat awal dibangun. Bahkan, konstruksi kayu dan bangunan juga belum berubah. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya