Sate Susu Denpasar Menggoda Selera Saat Berbuka Puasa Ramadhan

Miftachul Chusna, Jurnalis · Minggu 18 April 2021 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 614 2396539 sate-susu-denpasar-menggoda-selera-saat-berbuka-puasa-ramadhan-npLAX1NoVB.jpg Sate susu selalu ada dijual setiap sore hari di bulan Ramadhan di Kampung Jawa, Denpasar, Bali. (Foto: Miftachul Chusna)

DENPASAR -  Ada sate susu sebagai hidangan buka puasa dijual di lingkungan Masjid Raya Baiturrahman Kampung Jawa, Denpasar, Bali.

Lingkungan sekitar setiap petangnya berubah menjadi pasar kaget penjual hidangan berbuka puasa, termasuk sate susu.

Pasar kaget itu mudah dijumpai ketika melintas mulai dari Jalan Ahmad Yani, Jalan Kartini hingga Jalan Maruti. Suasana lebih ramai terasa di gang sempit yang terletak di depan gang masjid.

Baca Juga: Ramadhan 1945 Menu Sahur Bung Karno-Bung Hatta hanya Ada Sarden, Telur dan Roti

Begitu sore tiba, ratusan pedagang sudah dikerubuti pembeli yang sebagian besar warga yang mencari takjil untuk berbuka puasa. Tak sedikit juga warga Hindu Bali yang berburu kuliner yang hanya ada di bulan puasa ini.

Hampir semua pedagang menjajakan kuliner khas kampung muslim yang terletak di Desa Wanasari ini, yaitu sate susu sapi . Ada juga menu pendamping, mulai sate daging, usus, hati, hingga sumsum sapi.

Meski semua pedagang menjual menu yang sama, sate susu sapi itu habis terbeli begitu menjelang waktu berbuka puasa tiba. "Tadi bikin 5.000 tusuk (sate susu sapi). Ada yang beli 10-60 tusuk sekali beli," ujar Siti Khoiriyah, pedagang yang ada di dalam gang masjid.

Baca Juga: Sersan Mayor Kopassus Durman Teguh Berpuasa di Tengah Desing Peluru Operasi Seroja Timor-Timur

Dia menuturkan, sate susu sapi terbuat dari daging yang diambil di sekitar puting susu sapi yang diolah dengan bumbu kemudian dibakar. Harganya Rp2.500/tusuknya. Menurut Khoiriyah, dia dan warga kampung Jawa lainnya sudah menjalani ini secara turun temurun dan hanya dilakoni selama bulan Ramadhan. "Keuntungannya untuk bekal Lebaran," ungkap perempuan yang sehari-hari berjualan daging sapi dan kambing ini.

Desi Fitriana, pembeli yang dijumpai mengaku sudah bertahun-tahun menjadi pelanggan sate susu sapi milik Khoiriyah. "Sejak hari pertama puasa, jam empat sore sudah ke sini. Yang dibungkus paling banyak sate susu, usus dan sumsum," katanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain sate susu sapi , warga yang berburu menu makanan di kampung Jawa tidak perlu khawatir. Berbagai jenis kuliner lainnya juga tersedia, mulai dari takjil berupa jajanan ringan hinga makanan berat mulai dari sayur matang hingga berbagai lauk pauk olahan ayam, daging hingga ikan. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya