Resto Halal Tutup, Komunitas Muslim Jepang Sediakan Sajian Berbuka Gratis

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 01 Mei 2020 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 01 615 2207864 resto-halal-tutup-komunitas-muslim-jepang-sediakan-sajian-berbuka-gratis-Xki1byKcDi.jpg

MENU berbuka puasa yang halal di negara Jepang gampang-gampang susah dijumpai. Terlebih lagi ketika pandemi virus Corona melanda, warga muslim Indonesia yang tinggal di Negeri Sakura tersebut harus berupaya keras menemukan tempat berbuka dengan halal.

Solidaritas komunitas muslim di kota Tokyo pun bergerak memenuhi kebutuhan mendesak saat bulan Ramadhan tersebut. Mereka menyelenggarakan gerakan buka puasa gratis bagi muslim Jepang.

Beberapa rumah makan halal yang dikelola warga Indonesia di Jepang digandeng. Komunitas ini menyediakan sajian berbuka bagi para muslim, terutama para pelajar asal Indonesia.

"Progam penyediaan menu berbuka akan dilaksanakan sepanjang bulan Ramadhan. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan dukungan moral bagi para penerima manfaat," terang Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jepang Abdurrisyad Fikri dalam rilis media yang diterima Okezone, Jumat (1/5/2020).

(Baca Juga : Gaya Hijab Penyanyi Tere, Mualaf yang Kini Gencar Berdakwah)

Setelah problem penyedia makanan halal teratasi, Abdurrisyad dan kawan-kawannya terhalang masalah distribusi. Regulasi pembatasan sosial saat pandemi virus Corona membuat masjid-masjid ditutup. Padahal komunitas muslim di Jepang pada bulan Ramadhan biasanya rutin berkumpul di masjid.

Gerakan berbuka puasa gratis pun mengajak restoran milik orang Indonesia di Tokyo tadi sebagai titik pengambilan makanan. Cara ini dipilih untuk mendukung bisnis restoran yang tengah lesu akibat pandemi virus Corona.

“Insya Allah akan dilaksanakan sepanjang bulan Ramadhan. Semoga gerakan ini dapat menghibur dan memberi dukungan moral pada penerima bahwa mereka tidak sendiri dan Ramadhan masih bisa dinikmati seperti biasanya,” tambah Abdurrisyad.

(Baca Juga : Putuskan Hijrah, Begini Gaya Hijab Artis-Artis Mualaf)

Sejauh ini, progam penyediaan menu berbuka gratis baru terselenggara di Tokyo. Ia berharap kegiatan tersebut bisa diterapkan di kota-kota lain di Jepang.

Islam menjadi agama yang berkembang di beberapa negara maju, termasuk diantaranya Jepang. Setiap tahun, populasi muslim di Jepang selalu bertambah. Jepang juga menjadi salah satu negara paling favorit untuk melanjutkan pendidikan bagi pelajar asal Indonesia yang kebanyakan juga seorang muslim.

Kegiatan komunitas muslim di Jepang ternyata ikut terimbas pandemi virus Corona. Walhasil, masjid yang biasanya ramai saat waktu berbuka pun jadi sepi karena wabah. Masjid memutuskan untuk tutup demi mencegah penularan Covid-19. Data dari organisasi kesehata dunia, WHO, hingga Rabu (29/4/2020), jumlah kasus positif Covid-19 di Jepang mencapai 13.852 kasus.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya