Masjid Berbentuk Replika Kakbah di Subang Jadi Obat Rindu ke Makkah

Yudy Heryawan Juanda, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 614 2397684 masjid-berbentuk-replika-kakbah-di-subang-jadi-obat-rindu-ke-makkah-YAlZMA3ZJM.jpg Masjid di Subang, Jawa Barat mirip Kakbah. (Foto: Yudy Heryawan Juanda)

SUBANG - Sebuah masjid di Kalijati, Subang, Jawa Barat memiliki bentuk yang unik yaitu berbentuk menyerupai Kakbah. Bahkan replika seperti hijir ismail, hajar aswad, jejak kaki Nabi Ibrahim, sya’i hingga Bukit Syafa dan Marwah juga dibangun di sekitar masjid.

Nah masjid ini bernama Masjid Att-Toyibah kini sedikitnya bisa menjadi obat rindu ke Tanah Suci. Masjid Att-Thoyyibah ini berlokasi persisnya di Kampung Ciputih, Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Subang.

Masjid unik ini berbeda dengan masjid biasanya. Sengaja dibentuk menyerupai kiblat umat Muslim, Kakbah oleh sang pendiri.

Selain membangun masjid berbentuk Kakbah, di tanah seluas 2.800 meter ini pendiri juga membangun Replika Hijir Ismail, Hajar Aswad, jejak kaki Nabi Ibrahim, Sya’i hingga Bukit Syafa dan Marwah.

Baca Juga: Masjid Besar Ujungberung Saksi Bisu Terbentuknya Kota Bandung

Dengan dibangunnya beberapa replika ini membuat masjid sangat menyerupai Kakbah. Bahkan saat berada di masjid terasa sepetri di Kota Suci Makkah.

Menurut Ketua DKM Masjid Att-Thoyyibah, Ustaz Syayid Kaliwon masjid dibangun berbentuk Kakbah ini terispirasi saat pendiri pulang dari Tanah Suc dan rindu dengan suasana di Makkah hingga akhirnya membangun masjid ini.

Namun masjid yang telah menjadi maskot Kecamatan Kalijati ini kini kurang terurus. Terlihat cat masjid kini sudah pudar. Pengurus berharap masyarakat sekitar peduli terhadap masjid ini.

Meskipun banyak warga yang dating, mereka hanya numpang berswafoto tanpa peduli dan perhatian dengan kondisi masjid.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya