Idul Fitri Milik Orang yang Berpuasa

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 330 2406525 idul-fitri-milik-orang-yang-berpuasa-k9g1CjdK53.jpg Hari Raya Idul Fitri. (Foto: Freepik)

SURABAYA - Idul Fitri milik orang yang berpuasa, namun setiap orang bisa berhari raya, tetapi tidak semua orang mendapatkan Idul Fitri. Jadi hanya orang-orang yang berpuasa bisa mencapai status Idul Fitri.

Ketua Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Surabaya Sunarko SAg MSi dikutip dari laman PWMU pada Kamis (6/5/2021) menjelaskan, Idul Fitri artinya kembali suci, kembali bersih seperti bayi yang baru lahir.

”Kondisi ini hanyalah milik orang yang berpuasa, karena iman dan mengharap ridha dari Allah maka orang yang puasa akan bersih karena dosanya telah diampuni oleh Allah,” ujar Sunarko.

Dia menjelaskan itu berdasarkan hadits Nabi yang menyebutkan, barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ridha Allah maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lalu. ”Ini alasannya bahwa Idul Fitri hanyalah milik orang yang berpuasa,” katanya.

Baca Juga: Janin dalam Kandungan Apakah Wajib Dipenuhi Zakat Fitrah?

Sementara itu, Sidang Isbat (penetapan) awal Syawal 1442 H akan digelar pada Selasa 11 Mei 2021 atau bertepatan 29 Ramadhan 1442 H oleh Kementerian Agama.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat. Karena masih pandemi Covid-19, sidang isbat dilakukan mengikuti protokol kesehatan sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama.

"Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadan 1442 H secara daring dan luring," terang Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, di Jakarta.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya