Puasa Itu Menyehatkan

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 12 Mei 2021 04:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 330 2409296 puasa-itu-menyehatkan-cfoqvuRGJS.jpg Puasa itu menyehatkan. (Foto: Dompet Dhuafa)

JAKARTA – Allah SWT telah memerintahkan umat Islam untuk berpuasa, sebagaimana firman Allah SWT Q.S Al-Baqarah ayat 183 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

"Allah begitu sayang kepada kita, agar kita menjalankan puasa. Banyak hikmah yang bisa kita dapatkan dari berpuasa, salah satunya adalah hikmah kesehatan. Bahwa dalam sebuah ungkapan-ungkapan kita sering mendengarkan bahwa “Berpuasalah maka kamu akan sehat”. Namun kita bisa ambil hikmahnya, bahwa salah satu syarat menjadi orang yang bertakwa yaitu terciptanya seorang pribadi muslim yang sehat wal afiat. Dengan kita berpuasa maka ini akan menjadi sebuah proses pembersihan/penyembuhan/pengobatan hati yang sedang sakit," ujar  Ustaz Herman Budianto selaku GM Budaya & Pendidikan-Dompet Dhuafa, Senin (10/05/2021)

Insya Allah ketika memiliki penyakit, namun memasuki bulan ramadan penyakit itu seperti hilang, walaupun terkadang hilangnya sementara. Seperti orang yang malas sholat menjadi rajin sholat, orang yang malas bersedekah menjadi rajin bersedekah. Ini menunjukkan bahwa bulan ramadan ini bisa menyehatkan dan membersihkan hati kita. Selain sehat secara hati, maka puasa juga menyehatkan secara jasmani. Lihatlah kebanyakan penyakit ditimbulkan oleh makanan.

Para ahli kesehatan, termasuk Rasulullah SAW mengatakan bahwa sumber dari penyakit adalah perut dan pikiran. Apabila kita mencontoh Rasulullah, beliau adalah orang yang sangat sehat. Seumur hidupnya Rasulullah SAW hanya pernah sakit sebanyak dua kali, itu pun karena diracun oleh orang Yahudi.

"Bagaimana dengan kita? Sering kali kita sakit, baik yang ringan maupun yang berat. Insya Allah dengan berpuasa, menjadi sebuah jalan yang sangat efektif untuk menjadi sehat, asalkan berpuasa kita benar seperti yang Rasulullah SAW anjurkan," katanya.

Karena begitu berpuasa, maka ada proses pengosongan-pengosongan di perut sehingga perut mengalami proses pembersihan. Kemudian lemak, kolestrol, asam urat pun bisa hancur asalkan kita puasanya benar, tidak makan yang berlebih-lebihan dan makan secukupnya yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Mari kita jadikan puasa ini menjadi proses untuk menjadi umat-umat yang sehat dan kuat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya