Makna Ucapan Taqobbalallahu Minna wa Minkum saat Idul Fitri

Hantoro, Jurnalis · Rabu 12 Mei 2021 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 330 2409561 makna-ucapan-taqobbalallahu-minna-wa-minkum-saat-idul-fitri-HL4IR3U8d2.jpg Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri. (Foto:Freepik)

JAKARTA - Taqobbalallahu minna wa minkum kalimat ini menjadi ucapan yang dicontohkan Rasulullah SAW saat  Idul Fitri yang menjadi momen yang sangat spesial bagi kaum Muslimin. Di hari kemenangan ini semua umat Islam merayakan keberhasilan setelah satu bulan penuh menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

Ketika Idul Fitri atau Lebaran biasanya sejumlah orang memanfaatkannya untuk saling mengucapkan selamat atau bermaaf-maafan. Ini dilakukan dengan sanak saudara maupun tetangga dan rekan-rekan.

Lantas, bagaimana sebenarnya ucapan ketika Idul Fitri? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Muslim or id.

Dalam berbagai riwayat disebutkan para sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam biasa mengucapkan selamat hari raya kepada sesama dengan ucapan “Taqobbalallahu minna wa minkum” yang artinya 'Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian'.

Baca Juga: Sejarah Masjid Al-Aqsa, Situs Suci dan Warisan Dunia yang Terancam

Al Hafiz Ibnu Hajar mengatakan:

"Dari Jubair bin Nufair; Beliau mengatakan, 'Dahulu apabila para sahabat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam saling bertemu pada hari raya, mereka saling mengucapkan, ‘Taqabbalallahu minna wa minkum'." (Sanadnya hasan; Kitab Fathul Bari, 2:446).

Sementara Imam Ahmad rahimahullah berkata:

"Tidak mengapa (artinya boleh-boleh saja) satu sama lain di hari raya Id mengucapkan 'Taqobbalallahu minna wa minka'."

Sedangkan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menjelaskan:

"Adapun tentang ucapan selamat ketika hari Id seperti sebagian orang mengatakan pada yang lainnya ketika berjumpa setelah Sholat Id, 'Taqobbalallahu minna wa minkum wa ahaalallahu ‘alaika' dan semacamnya, maka seperti ini telah diriwayatkan oleh beberapa sahabat Nabi."

Mereka biasa mengucapkan semacam itu dan para imam juga memberikan keringanan dalam melakukan hal ini sebagaimana Imam Ahmad dan lainnya.

Akan tetapi, Imam Ahmad mengatakan:

"Aku tidak mau mendahului mengucapkan selamat hari raya pada seorang pun. Namun kalau ada yang mengucapkan selamat padaku, aku akan membalasnya."

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya