Gelar Sholat Idul Fitri Berjamaah di Tengah Pandemi, Khotib Ajak Umat untuk Tetap Mentauhidkan Allah

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 13 Mei 2021 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 13 330 2409974 gelar-sholat-idul-fitri-berjamaah-di-tengah-pandemi-khotib-ajak-umat-untuk-tetap-mentauhidkan-allah-Eg3xykkEXo.jpg Sholat Idul Fitri. (Foto: DKM Masjid Al Ukhuwah)

TANGERANG SELATAN - Lebih dari setahun pandemi covid-19 melanda dunia, khususnya di negeri-negeri kaum muslimin, akhirnya pada bulan Ramadhan tahun 2021 masyarakat diizinkan oleh pemerintah untuk menggelar sholat idul fitri berjemaah di masjid dan di tempat umum yang terbuka lainnya.

Ancaman penularan virus corona yang tak kunjung reda hingga di penghujung Ramadhan tahun ini, tidak menyurutkan semangat kaum muslimin untuk beribadah bersama, khususnya meramaikan gelaran sholat ied berjemaah di masjid atau pun di tanah lapang sebagai wujud merayakan kemenangan besar di hari raya idul fitri 1442 H.

Salah satunya ialah pelaksanaan sholat idul fitri berjemaah yang berlokasi di lapangan Parkir C Pasar Modern Intermoda BSD City, Cisauk Kabupaten Tangerang. Acara tersebut diselenggarakan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al Ukhuwah BSD yang selalu konsisten berupaya untuk menerapkan protokol kesehatan covid 19 secara ketat dan profesional.

Seperti pemeriksaan suhu tubuh dan mewajibkan jamaahnya menggunakan masker medis, pemberian hand sanitizer, pengaturan shaft sholat berjarak, pengaturan lalu lintas penumpukan massa agar tetap berjarak aman dan himbauan-himbauan lainnya terkait pelaksanaan protokol kesehatan saat berlangsungnya acara ibadah sholat ied berjemaah tersebut, dan himbauan di semua media promosi dakwahnya sebelum acara berlangsung.

Panitia masjid juga menghadirkan seorang khotib yang rutin menjadi pemateri kajian pembahasan kitab tentang tauhid. Dalam khotbahnya, Ustad Haryanto mengajak umat di tengah masa pandemi ini untuk memperkuat ketauhidan kita hanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala semata secara ikhlas dan murni, dengan bertaubat dan menjauhi segala bentuk kesyirikan, kemusyrikan, dan ketergantungan penuh manusia kepada mahluk, sebagai solusi utama problematika hidup umat manusia saat ini.

Pada pelaksanaan sholat i'ed kali ini, diperkirakan dihadiri sekitar 2000 jamaah atau sekitar 50 % dari total kapasitas 4000 jemaah yang mampu ditampung di lapangan parkir seluas 1000 meter tersebut. Dengan pengaturan jarak shaft sekitar 1,5 meter sesuai protokol kesehatan yang berlaku, diharapkan bisa mencegah penularan virus Covid-19 di tengah-tengah jemaah.

Ketua Takmir DKM Masjid Al Ukhuwah, Erwin Lubis menyimpulkan bahwa pelaksanaan sholat Idul Fitri tahun ini berjalan lancar dan tertib, "animo masyarakat lebih tinggi dibanding sebelumnya, mereka lebih percaya pada penerapan protokol kesehatan oleh tim kepanitiaan masjid kami," imbuhnya dengan semangat.

Ribuan jamaah kaum muslimin pun sangat bergembira dan antusias meramaikan area tempat sholat i'ed tersebut. Mereka datang dari sejumlah wilayah seperti dari kawasan BSD, Cibogo, Suradita, Cicayur di kecamatan Cisauk, dari wilayah Pagedangan Kabupaten Tangerang dan dari kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

Pelaksanaan sholat idul fitri berjemaah kali ini didukung penuh oleh manajemen pengelola Pasar Modern Intermoda BSD, Sinarmas Land & BSD City yang menyediakan lahan parkir dan sejumlah fasilitas penunjang lainnya untuk mendukung suksesnya kegiatan peribadatan dalam bingkai ukhuwah, keragaman dan toleransi antar umat beragama. Manajemen pasar juga membantu publikasi acara tersebut di media sosialnya dan promosi di media iklan luar ruangnya seperti layar video tron, spanduk dan baliho agar momentum pegelaran sholat ied berjemaah ini tersyi'arkan ke seluruh kaum muslimin dan berjalan sukses serta lancar.

Ayub, perwakilan manajemen pengelola Pasar Modern Intermoda BSD, mengaku puas dengan pelaksanaan sholat Idul Fitri yang penerapan protokol kesehatannya sangat ketat oleh DKM Masjid Al Ukhuwah, BSD. Selanjutnya, Ia berharap pelaksanaan kegiatan tahun depan akan lebih baik lagi, "karena jumlah jema'ahnya makin banyak, ke (tahun) depan akan kita coba mensinergikan dengan pelaku UMKM, bahkan jika perlu kita buatkan foto booth untuk jemaah di lokasi, jelasnya dengan antusias.

Di sisi lain, dari hasil pantauan tim liputan kami di sejumlah wilayah di kawasan Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, pelaksanaan sholat ied berjemaah yang menerapkan protokol kesehatan covid 19 secara ketat juga berjalan dengan baik dan lancar, antara lain di Masjid Umar bin Khaththab (MASUBIK) Pasar Jengkol, Setu Tangsel, di Lapangan olahraga Masjid Izzul Alawi (YUSNA) dan Masjid jami' Al Jihad di kawasan Ciledug, Kota Tangerang Banten. Bahkan, sejumlah perwakilan pejabat daerah setempat ikut menghadiri pelaksanaan sholat Idul Fitri di lokasi-lokasi tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya