Rasulullah Melarang Pakai Sepatu Sambil Berdiri, Ini Alasannya

Hantoro, Jurnalis · Kamis 20 Mei 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 614 2412909 rasulullah-melarang-pakai-sepatu-sambil-berdiri-ini-alasannya-lgWF5LgEgc.jpg Ilustrasi larangan pakai sepatu sambil berdiri. (Foto: Jcomp/Freepik)

RASULULLAH Shallallahu alaihi wassallam melarang umatnya memakai sepatu sambil berdiri. Ini tentunya ada dasar alasan mengapa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam memberikan larangan tersebut.

Sebagaimana dikutip dari laman Rumaysho, Kamis (20/5/2021), sebenarnya tidak mengapa mengenakan sepatu sambil berdiri. Tapi memakai sepatu dalam keadaan berdiri membutuhkan pertolongan tangan atau jadi sangat sulit melakukannya. Lebih afdal memakai sepatu sambil duduk, dan inilah cara yang lebih baik.

Baca juga: Memakai Sandal adalah Sunah Nabi Muhammad SAW, Ini Penjelasan Ustaz Ammi Nur Baits 

Berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَنْتَعِلَ الرَّجُلُ وَهُوَ قَائِمٌ

"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam melarang seseorang mengenakan alas kaki (sepatu) sambil bediri." (HR Tirmidzi Nomor 1697, Abu Daud Nomor 3606 dari Jabir. Syaikh Al Albani mengatakan hadis ini sahih sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shahihah 719)

Sepatu. (Foto: Mrsiraphol/Freepik)

Baca juga: Kucingnya Sempat Viral, Aa Gym: Kucing Selalu Bertasbih kepada Allah 

Sementara Al Khottobi rahimahullah berkata, "Di sini mengapa terlarang mengenakan sepatu sambil berdiri karena sambil duduk sebenarnya lebih mudah. Sedangkan memakainya sambil berdiri dapat membuat seseorang terjatuh. Maka perintah untuk mengenakan alas kaki sambil duduk dan dengan pertolongan tangan supaya aman dari hal-hal yang menyusahkan." (Ma’alimus Sunan, 4/203)

Kemudian Al Munawi rahimahullah berkata, "Perintah dalam hal ini adalah dengan maksud al irsyad (menunjukkan manakah yang lebih baik). Karena jika seseorang mengenakannya sambil duduk itu lebih mudah. Ath Thibi dan lainnya mengkhususkan larangan dari hadits di atas jika seseorang mengenakan sepatu karena jika mengenakannya sambil berdiri dapat menyebabkan keletihan." (Faidul Qodir, 6/441)

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya