Masih Jomblo, Belum Dapat Jodoh? Amalkan Hal Berikut Ini

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Minggu 23 Mei 2021 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 22 330 2413937 masih-jomblo-belum-dapat-jodoh-amalkan-hal-berikut-ini-4qdDUcJfOH.jpg Menikah dan berumah tangga adalah amalan sunah, bahkan sebagai bentuk menyempurnakan separuh agama. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Setiap manusia tentu ingin berumah tangga atau berkeluarga. Hidup rukun, damai dan tenang. Namun pada sebagian orang belum tentu mudah mendapatkan jodoh atau pasanganya. Situasi semakin lebih cemas apabila usia juga sudah semakin bertambah, namun jodohpun belum ada. Adakah doa dapat jodoh?

Namun bagi Anda yang saat ini sedang dirundung kecemasan dan resah, tidak lain itu ujian dari Allah. Jadikan keresahan Anda sebagai sebab untuk mengharap pahala dari Allah.Allah memberikan jaminan bahwa lelaki yang baik, yang menjaga kehormatannya akan dipasangkan dengan wanita yang baik, yang menjaga kehormatannya. Sebaliknya, wanita yang buruk, yang tidak menjaga kehormatannya, akan dipasangkan dengan lelaki yang sama karakternya. Allah berfirman: 

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)…” (QS. An-Nur: 26)

Baca Juga: Jangan Malu dan Malas, Hari Libur Membantu Pekerjaan Istri di Rumah Amalan Sunnah

"Ketika Anda berharap untuk mendapatkan pasangan yang baik, istri yang saleha atau suami yang saleh maka  jadilah manusia yang baik, menjaga kehormatan, menjaga aturan Allah Ta’ala," ujar ustaz Ammi Nur Baits dikutip laman Konsultasisyariah pada Ahad (23/5/2021)

Namun, kata dia,  hingga saat ini tidak menjumpai ada doa khusus untuk meminta jodoh. Sementara beberapa lafal doa minta jodoh yang tersebar di masyarakat, sama sekali tidak menyebutkan sumber dan dalilnya.

Untuk itu, sikap yang tepat adalah tidak mempraktikkan doa tersebut karena keyakinan bahwa itu bagian dari ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam atau dianjurkan dalam Islam. 

Baca Juga: Menikah di Bulan Syawal Waktu yang Pas Sesuai Sunah

Demikian pula, tidak ada amal tertentu untuk menyegerakan jodoh Anda. Beberapa keterangan tentang amalan untuk mempercepat jodoh, sama sekali tidak memiliki sumber dari syariat.

Walau demikian ada doa yang dapat diamalkan. Doa ini bersifat  jawami’ ad–dua atau doa yang kalimatnya padat namun luas maknanya. Adapun doanya yakni doa sapu jagad.

Sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengatakan, 

كَانَ أَكْثَرُ دَعْوَةٍ يَدْعُو بِهَا رَسُولُ صَلَّى عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Doa yang paling sering dipanjatkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: ALLAHUMMA RABBANAA AATINAA FID-DUNYAA HASANAH WA FIL AAKHIRATI HASANAH WA QINAA ADZAABAN NAAR” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengan doa ini, menunjukkan kita pasrah kepada Allah, agar memberikan hal terbaik untuk kehidupan kita di dunia termasuk urusan jodoh dan ahkirat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya