Malaikat Tidak Akan Pelit Mendoakan Kebaikan untuk Orang yang Bersedekah Pagi

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 25 Mei 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 24 330 2414941 malaikat-tidak-akan-pelit-mendoakan-kebaikan-untuk-orang-yang-bersedekah-pagi-QFqxMeTGcv.jpg Bersedekah di pagi hari. (Foto:Freepik)

JAKARTA - Jangan meremehkan sedekah di pagi hari yang ternyata sangat bermanfaat. Sedekah merupakan pemberian sesuatu kepada orang yang lebih membutuhkan dengan sukarela dan ikhlas.

Seperti diketahui sedekah bukan hanya berupa harta, non-harta pun bisa diamalkan. Sedekah juga bisa disumbangkan melalui perbuatan baik. Karena sedekah bukan berarti harus punya harta.

Sedekah juga memiliki berbagai keutamaan yang baik, bahkan keutamaan ini jarang diketahui banyak muslim. Salah satu kegunaan dari keutamaan ini adalah sedekah di waktu subuh.

Baca Juga : Ini Aturan Menafkahi Anak Bagi Suami yang Sudah Bercerai

Berikut ulasan waktu sedekah yang baik di pagi hari yakni:

1. Saat sehat.

Waktu yang paling baik untuk bersedekah adalah saat keadaan sedang sehat. Tentu, hal itu akan sangat berpengaruh bagi diri. Jika saat sehat maka amal yang dikerjakan juga akan baik.

2. Saat merasa takut miskin.

Dikutip dari laman Tamanzakat pada Selasa (25/5/2021) disebutkan manusia adalah makhluk hidup yang sangat takut akan kemiskinan. Maka, ketika saat itu datang, buatlah permohonan kepada-Nya di waktu subuh agar dimudahkan segala rezekinya.

Baca Juga: Jangan Malu dan Malas, Hari Libur Membantu Pekerjaan Istri di Rumah Amalan Sunah

3. Pada Jumat pagi.

Menurut Ibnu Qayyim rahimahullah bahwa bersedekah pada hari Jumat memiliki keutamaan tersendiri dari hari lainnya. Seperti halnya bersedekah di bulan Ramadan jika dibandingkan dengan bulan lainnya.

Adapun maanfaat yang bisa diambil dari sedekah pagi, bahwa setiap insan yang menyempatkan waktunya untuk bersedekah di pagi hari akan didoakan dua malaikat dalam segala urusannya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya Nabi Muhammad shollallahu ‘alahi wa sallam bersabda:

“Tidak ada satu Subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak”, sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)” (HR - Bukhari).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya