Unik! Di Rest Area Tol Pandaan-Malang Ada Masjid Trapesium

Agregasi Solopos, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 614 2417879 unik-di-rest-area-tol-pandaan-malang-ada-masjid-trapesium-xGxh1Al7E7.jpeg Masjid Trapesium di Rest Area KM 66A Jalan Tol Pandaan-Malang. (Foto: Abdul Jalil/Madiunpos/Solopos)

ADA masjid unik di Rest Area Kilometer 66A Jalan Tol Pandaan-Malang. Di sana terdapat Masjid Trapesium. Kaum Muslimin yang menunaikan ibadah di masjid ini dijamin akan merasakan nuansa berbeda.

Dikutip dari laman Solopos, Rest Area KM 66A Tol Pandaan-Malang sendiri kini sudah siap menjadi tempat beristirahat bagi para pelaku perjalanan dari arah Surabaya menuju Pasuruan maupun Malang. Di rest area ini juga ada Masjid Trapesium dengan desain unik yang bikin pengunjung betah beribadah di dalamnya.

Baca juga: Masya Allah, Warga yang Selalu Sholat Berjamaah di Masjid Ini Dapat Hadiah Motor 

Rest area ini memang sebagian masih tahap pembangunan. Meski demikian, berbagai fasilitas di lokasi tersebut sudah lengkap.

Seperti ada tempat pengisian bahan bakar kendaraan, toilet, dan deretan kios yang menjajakan beragam makanan serta minuman. Selain itu, terdapat minimarket yang menjual beragam kebutuhan para pengguna jalan.

Masjid Trapesium di Rest Area KM 66A Jalan Tol Pandaan-Malang. (Foto: Abdul Jalil/Madiunpos/Solopos)

Terlihat di rest area ini ada sejumlah pekerja yang sedang membangun berbagai fasilitas permanen. Fasilitas yang ada saat ini masih semi-permanen, kecuali masjid di lokasi rest area.

Masjid Ar-Rahman namanya. Masjid ini memiliki desain unik. Dari depan terlihat masjid tersebut berbentuk trapesium. Dinding masjid terlihat berlapis tiga di satu sisi dan sisi yang lain berlapis dua. Dinding ini juga berfungsi sebagai atap masjid.

Baca juga: Buat Aturan Penggunaan Pengeras Suara di Masjid, Kemenag: Tidak Mudah, Pendapat Warga Bervariasi 

Dinding masjid hampir semuanya berupa kaca sehingga cahaya matahari masuk sangat banyak. Ini membuat masjid tidak perlu menggunakan lampu untuk penerangan pada pagi hingga sore hari. Selain itu, Masjid Trapesium ini juga sangat terbuka sehingga udara dengan mudah masuk.

Di dalam masjid juga terlihat lapang karena di dalam ruangan tidak ada tiang penyangga sama sekali. Selain itu, konsep bangunan masjid ini sendiri yang membuat ruang masjid terasa lebih lapang.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Di luar Masjid Trapesium ada menara yang tingginya melebihi bangunan masjid. Menara itu dibangun dengan batu hitam. Di atas menara tertulis lafaz Allah.

Untuk tempat wudu, antara tempat wudu pria dan wanita sudah dipisah. Lalu masing-masing tempat wudu, ada belasan keran yang mengalir air untuk kebutuhan bersuci.

Baca juga: Ini Masjid-Masjid di Jakarta yang Menggelar Sholat Gerhana Bulan Total 

Masjid Ar-Rahman ini baru diresmikan pada 29 Januari 2021 oleh Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur.

Pengguna jalan tol bisa memanfaatkan rest area ini untuk tempat beristirahat dan untuk beribadah sholat karena rest area ini menjadi satu-satunya di ruas Jalan Tol Pandaan-Malang.

Meski beberapa fasilitas masih menggunakan bangunan semi-permanen, tetapi fasilitas yang diberikan pengelola tetap yang utama.

Masjid Trapesium di Rest Area KM 66A Jalan Tol Pandaan-Malang. (Foto: Damar Sri Prakoso/Madiunpos/Solopos)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya